Serah Terima Hasil Pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahap III Tahun Anggaran 2021


  01 October 2021 | Admin




Sehubungan dengan selesainya pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun anggaran 2021 BWS Nusa Tengggara I OP SDA IV  melaksankan serah terima hasil pekerjaan dengan Petani Pemakai Air (P3A) sebagai penerima manfaat di Kota Bima pada kamis, 30 September 2021. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasatker OP SDA yang di wakili oleh Pelaksana Teknik Satker OP SDA BWS NT I Putu Dedi Sanjaya, ST., MT., PPK OP SDA IV BWS NT I Syamsuddin, ST., MT., Pelaksana Teknik OP SDA IV BWS NT I Sri Rahmawati, ST., MT., Kabid SDA PUPR Kabupaten Bima Nurul Huda ST., MT., Kabid Pengairan PUPR Kota Bima Isdirurrahman, ST., Tim Pelaksana Balai dan Konsultan Manajemen Balai, Kepala Desa dan Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) sebagai penerima P3-TGAI. 

Kepala Satker OP SDA dalam hal ini yang di wakili oleh Pelaksana Teknik Satker OP SDA BWS NT I menyampaikan bahwa (P3-TGAI) adalah program pemerintah dalam rangka mendukung Kedaulatan Pangan Nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan, serta meminimalisasi dampak sosial ekonomi akibat Pandemi Covid-19. 

Sementara itu PPK OP SDA IV menyampaikan bahwa usulan lokasi kegiatan P3-TGAI berasal dari aspirasi masyarakat ke DPR RI, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi serta BWS BWS NT I yang di validasi oleh BWS NT I untuk kemudian diteruskan ke Menteri PUPR. Beliau berharap kepada Desa dan P3A agar jaringan irigasi yang sudah d bangun tersebut dipelihara dan dijaga sebaik-bainya. 

Dalam acara ini juga disampaikan testimoni dari setiap Kepala Desa/Lurah perwakilan Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu. 

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Mawu Kecamatan Ambalawi bapak Jamaludin, SPdi mewakili  Kepala Desa/Lurah yang hadir mengampaikan ucapan terima kasih kepada BWS Nusa Tenggara I yang mana sudah memberi kepercayaan kepada mereka untuk melaksanakan program ini sehingga memberi manfaat secara ekonomi dan mendukung upaya peningkatan hasil produksi pertanian di desa mereka dimana sebelumnya jaringan irigasi di Desa tersebut masih banyak menggunakan jaringan tanah. Beliau juga berharap semoga program ini terus berlanjut.




Tags : Kementerian PUPR Ditjen SDA BWS Nusa Tenggara I P3-TGAI