Kamis, 29 September 2022

Monitoring dan Evaluasi Pekerjaan Revitalisasi Danau Tondano Tahap I

Tondano, 6 Agustus 2022

Monitoring dan Evaluasi Pekerjaan Revitalisasi Danau Tondano Tahap I dilaksanakan oleh Kepala BWS Sulawesi I I Komang Sudana, Kepala SNVT Pembangunan Bendungan Janeny Mamoto, PPK Danau Situ Embung Henry Doodoh bersama Staf PPK DSE BWS Sulawesi I, penyedia jasa PT. Bumi Karsa dan Konsultan Supervisi PT. Indra Karya.

Kegiatan diawali dengan Rapat Koordinasi dan Evaluasi, membahas progres dari setiap item-item pekerjaan yang telah dikerjakan, kondisi di masing-masing segmen pekerjaan, kendala dan permasalahan yang terjadi di lapangan. Selain itu dibahas juga action plan, rencana penyelesaian pekerjaan kedepannya.

Kepala BWS Sulawesi I I Komang Sudana mengarahkan agar kasatker, ppk, penyedia jasa dan konsultan supervisi bekerja dengan kompak dan saling mendukung, memaksimalkan pekerjaan di masing-masing segmen; A1 yang menyelesaikan timbunan tahap akhir; segmen B1, B2, B3 dan B4 segera dilaksanakan dengan mempersiapkan jalan akses, material, tenaga dan peralatan. Di masing-masing segmen harus bekerja secara paralel dan frontal. Disampaikan juga bekerja harus militan agar ketertinggalan progres segera dikejar. Anggaran yang ada harus dapat diserap untuk menyelesaikan rencana dan target yang telah ditetapkan. Target konstruksi Revitalisasi Danau Tondano Tahap 1 sepanjang kurang lebih 8 km harus dapat diselesaikan dengan tetap memenuhi persyaratan sesuai
kontrak dan addendumnya.

Untuk permasalahan lahan kepala balai menyampaikan dilakulan inventarisir, dilapangan yang bermasalah dikoordinasikan dengan masyarakat yang mengklaim, dengan camat dan kepala desa. Selanjutnya dikoordinasikan dengan tim satgas percepatan penyelesaian lahan yang dikoordinir Assisten 2 Kabupaten Minahasa. Hal tersebut juga agar disampaikan ke kasatker dan kepala balai untuk ditindaklanjuti koordinasi dengan Assisten 2, Sekda dan Bupati Kabupaten Minahasa.

Kepala balai juga menginstruksikan kasatker dan ppk agar dilakukan evaluasi dan rapat rutin setiap minggunya, secara rutin juga kabalai akan melakukan monev. Monitoring dan Evaluasi dilanjutkan dengan Peninjauan di lokasi pekerjaan B1 dan B2.

Kegiatan ini berlangsung secara kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

#SigapMembangunNegeri
#MengelolaAirUntukNegeri