BPKP DAN SEKDA BONE BOLANGO Kunjungi Lokasi Pembangunan Bendungan Bulango Ulu

330

Kab. Bone Bolango (Jumat,19/07/2021) Beberapa upaya dilakukan oleh Kementerian PUPR untuk menanggulangi kendala-kendala banjir serta kekeringan yang dihadapi masyarakat khususnya Kab. Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kab. Gorontalo untuk kedepan. Salah satunya dengan di laksanakan Proyek Pekerjaan Pembangunan Bendungan Bulango Ulu yang berada di Kab. Bone Bolango. Melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo Pekerjaan tersebut adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Gorontalo, direncanakan akan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang sesuai arahan Presiden melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktur Jenderal Sumber Daya Air.

Didampingi Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi, M.T., Kepala BPKP Raden Murwantara beserta jajaran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo serta Sekretaris Daerah Kab. Bone Bolango Ishak Ntoma melakukan monitoring langsung kegiatan fisik di lokasi pekerjaan yang berada di Desa Tuloa Kec. Bulango Utara Kab. Bone Bolango.

Dalam arahannya Kepala BPKP menyampaikan bahwa pekerjaan ini adalah Proyek Srategis Nasional dimana proyek ini memiliki sifat strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga target pekerjaan yang di perhitungkan hingga 2023 nanti harus terealisasi sesuai waktu tersebut, jika terdapat kendala pihak BWS Sulawesi II Gorontalo harus sigap melakukan koordinasi baik ke pusat maupun perangkat daerah.

Dalam kunjungan lapangan kepala balai menjelaskan, untuk saat ini progres pekerjaan Bendungan Bulango Ulu adalah Pembangunan Jembatan dan Jalan untuk akses kelokasi pembangunan, Relokasi Jalan, Diversion Tunnel di outlate, Gudang Handak untuk Material Blasting, Sandaran Kanan dan Sandaran Kiri Tubuh Bendungan, Soil Investigasi dan Pengetesan Laboratorium material yang digunakan.