BWS SULAWESI II DAN KOREM 133 NANI WARTABONE BEKERJA SAMA DALAM PENGAMANAN PENGELOLAAN SDA DI GORONTALO

1088

SISDA BWS SUL II – GORONTALO, Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengelolaaan Sumber Daya Air (SDA) dan pengamanan wilayah kerja Balai Wilayah Sungai Sulawesi II di Provinsi Gorontalo, senin (17/6) telah dilakukan perjanjian kerja sama antara BWS Sulawesi II dan Komando Resort Militer 133 Nani Wartabone.

Kegiatan ini berlangsung di lapangan KOREM 133 Nani Wartabone yang berlokasi di Kecamatan Pulubala Kab. Gorontalo, Kepala BWS Sulawesi II Adenan Rasyid, ST.MT dan Komandan KOREM 133 Nani Wartabone , Kolonel CZI Arnold A.P. Ritiauw melakukan penandatangan kerjasama tersebut disaksikan oleh para Perwira di lingkungan KOREM serta Pejabat BWS Sulawesi II.

“Harapan saya dengan kegiatan ini, TNI khususnya Korem bisa lebih berperan aktif dalam menyelamatkan hutan, air yang tentunya akan dipakai untuk anak-cucu kita kedepan,hutan dan air sekarang ini bukan hanya milik kita tetapi milik anak-cucu kita semua yang tinggal di Gorontalo,Jadi kita berperan aktif untuk menyelamatkannya sehingga kita tidak kesulitan dengan ketersediaan air pada waktu yang akan datang ” ujar Komandan KOREM pertama di Provinsi Gorontalo ini.

Kepala BWS Sulawesi II dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ini kesempatan yang baik bagi kita semua untuk terus melakukan kerjasama lintas sektor agar terjaganya sinkronisasi serta dukungan khususnya  dalam kegiatan pengelolaan Sumber Daya Air sesuai ruang lingkup yang disepakati dan peningkatan disiplin dan kinerja satuan pengamanan di wilayah kerja Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo, sehingga diharapkan keberadaan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Dan Komando Resort Militer 133 Nani Wartabone di provinsi Gorontalo dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk kemajuan daerah dan masyarakat umum lainnya sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Dalam sambutannya Kabalai juga memaparkan beberapa poin penting  maksud dari perjanjian kerja sama ini antara lain :

  1. Untuk menjalin kerja sama dan membangun kemitraan antara para pihak dalam melakukan proses persiapan, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pengelolaan sumber daya air BWS Sulawesi II;
  2. Terwujudnya keterpaduan program dan pelaksanaan dalam pengelolaan kegiatan;
  3. Terwujudnya sinergi dan pemanfaatan sumber daya (personil, dana, materil dan peralatan) antara para pihak;
  4. Terwujudnya pelestarian, kebersihan, perawatan serta fungsi sarana dan prasarana pengelolaan sumber daya air dapat berfungsi sebagaimana mestinya;
  5. Terwujudnya pencegahan dan pengendalian daya rusak air baik kualitas maupun kuantitasnya;
  6. Terpeliharanya keberadaan tampungan bangunan air terhadap kerusakan atau gangguan yang disebabkan baik oleh alam maupun tindakan manuasia;
  7. Terwujudnya peningkatan disiplin dan kinerja satuan pengamanan di wilayah kerja BWS Sulawesi II.

Terpantau kegiatan dari awal hingga berakhirnya seluruh rangkaian acara berlangsung tertib dan sukses, situasi yang aman dan kondusif adalah syarat mutlak  untuk mendukung Pembangunan pengelolaan SDA di Provinsi Gorontalo, inilah inti dan tujuan dari penyelanggaraan kegiatan kerja sama ini.