BWS Sulawesi II Selenggarakan Talk show Pencegahan Kanker Payudara Sedini Mungkin

188

Bertempat di Aula serba guna kantor BWS Sulawesi II Gorontalo, Jumat (07/10/22) persatuan Paguyuban ibu-ibu BWS Sulawesi II Gorontalo melaksanakan kegiatan Talkshow kanker payudara (breast cancer). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Dharma wanita persatuan Kementerian PUPR.

dr. Agung Sindu Pranoto, SpB(K)Onk selaku pemateri menjelaskan mengenai ciri-ciri awal adanya kanker payudara, cara penanganan sedini mungkin serta beberapa faktor penyebab adanya peluang kanker payudara (breast cancer) didepan paguyuban ibu-ibu serta karyawan dan karyawati BWS Sulawesi II Gorontalo.

Sosialisasi ini dilaksanakan tentunya bertujuan untuk memberikan penerangan serta informasi kepada wanita maupun pria agar bisa mencegah terjadinya kanker payudara sedini mungkin, dan apabila terdapat ciri-ciri yang sudah dijelaskan oleh dokter Agung, maka ibu-ibu serta suami diharapkan dapat cepat memeriksakan diri ke dokter atau berkonsultasi secara aktif.

Beberapa faktor penyebab terjadinya kanker Payudara menurut dr. Agung sendiri ialah :
1. Genetic/Keturunan
2. Pola hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan cepat saji serta mengandung banyak kolestrol dan lemak jenuh serta alcohol
3. Peningkatan berat badan yang berlebihan
4. Haid pertama pada usia muda
5. Melahirkan anak pertama pada usia lebih tua dari (35 tahun)
6. Menopause / terhentinya masa haid pada usia lebih tua (>50 tahun)
7. Tidak menyusui
8. Riwayat keluarga
9. Radiasi
10. Terapi hormon jangka Panjang
11. Stres

Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo yang diwakili oleh Kasubag Umum dan Tata Usaha Risnawati T. Dangkua, SH, M.Si, memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Paguyuban ibu-ibu BWS Sulawesi II Gorontalo yang telah mengadakan Seminar dan Talkshow sebagai bentuk sosialisasi “Pentingnya Deteksi Dini kanker Payudara” mengingat 70 % kasus yang ditemukan dideteksi telah berada di stadium lanjut. Sehingga melihat fenomena ini maka dibutuhkan pemahaman dan support system terhadap penanggulangan penyakit kanker, dan salah satunya adalah melalui Deteksi Dini.

Kegiatan sosialisasi ini di tutup dengan pemberian doorprize kepada seluruh peserta sosialisasi oleh panitia dari persatuan paguyuban BWS Sulawesi II Gorontalo.

Narasi : D. Kusuma
Foto : Dok. Humas 2022