Focus Group Discussion (FGD) Penetapan Sempadan Danau Limboto

303

Danau Limboto merupakan danau paparan banjir yang terletak diantara dua wilayah yaitu Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo, serta termasuk dalam Wilayah Sungai Limboto-Bolango-Bone (WS LBB) yang merupakan wilayah sungai kewenangan pusat. Sejak tahun 2009 danau ini resmi masuk dalam daftar 15 danau kritis di Indonesia yang membutuhkan penyelamatan secara serius sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

Bertempat di hotel Aston Gorontalo (27/09), Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) untuk Kajian Penetapan Garis Sempadan Danau Limboto.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membahas penetapan batas sempadan pada Danau Limboto sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 28/PRT/M/2015 tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Garis Sempadan Danau.

Dalam pembahasan kajian Sempadan ini turut hadir kepala bagian penyusunan program dan pelaporan Sekertariat Dewan SDA Nasional, Faliansyah, ST., M.Dev.Plg, serta Kepala Sub Direktorat wilayah III Direktorat Bendungan dan Danau Ditjen SDA, Ir. Matius Tangyong, M.T.

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan anggota Tim Teknis Kajian Sempadan Danau Limboto yang terdiri dari, Bappeda Provinsi Gorontalo, Badan Pertanahan, SKPD terkait (Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Satuan Polisi Pamong Praja), para Camat, Lurah, Kepala Desa serta tokoh-tokoh Masyarakat setempat.

Kegiatan FGD ini diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan Sempadan Danau Limboto oleh seluruh perwakilan anggota tim Teknis.

Narasi : D. Kusuma
Foto : Dok. Humas 2022