Kasubdit Operasi dan Pemeliharaan Tinjau Permukiman Warga Pasca Luapan Danau Limboto

246

Jumat (09/09/2022) Kepala Subdirektorat Operasi dan Pemeliharaan Wilayah III Ditjen Sumber Daya Air, Ir. Mohammad Kotra Nizam L., Sp-1,meninjau langsung permukiman milik warga pasca meluapnya sungai Bionga yang mengalir ke wilayah Danau Limboto sejak Rabu (07/09/2022). Peninjauan secara langsung ke kawasan permukiman yang dibangun pemerintah melalui anggaran APBN ini, seperti di kelurahan Kayu Bulan, kecamatan Limboto ini tercatat masih masuk pada garis sempadan Danau Limboto.

Dampak meluapnya sungai Bionga, DAS Limboto pada danau Limboto sudah dirasakan masyarakat sejak senin (05/09/2022).

Kepala satuan kerja Operasi dan Pemeliharaan (Satker OP) Abd. Rachman Rasjid menyebutkan sampai dengan saat ini tanggap darurat yang bisa dilakukan BWS Sulawesi II Gorontalo adalah dengan membuka sementara pintu air yang berada di pintu kanal Tapodu untuk mengurangi volume tinggi muka air di wilayah permukiman warga.

Kunjungan Kasubdit OP wilayah III ke Provinsi Gorontalo sekaligus meninjau lokasi pasca meluapnya sungai Taludaa, desa Taludaa kecamatan Bone yang nantinya akan dilaporkan langsung kepada Direktur Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air untuk segera dilakukan kegiatan tanggap darurat oleh Kementerian pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat.

Narasi : Dian K.
Grafis : Faisal M.
Dokumentasi : OPSDA II