Puncak Hari Air Dunia Ke-30, BWS Sulawesi II Gorontalo Kembali Lakukan Penanaman Pohon dan Penaburan Benih Ikan di Danau Limboto

283

Puncak Hari Air Dunia ke 30- tahun 2022 dengan Tema Melestarikan Air Tanah agar tetap Berkesinambungan atau MANTAB yang mengadopsi tema Internasional “Groundwater : Making the Invisible, Visible” telah selesai dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta seluruh Unit Pelaksana Teknisnya, pada Rabu 30 Maret 2022 kemarin. Untuk BWS Sulawesi II Gorontalo penyelenggaraan puncak HAD diperingati dengan Penanaman Pohon sebanyak 1.500 pohon yang berjenis Durian,pohon Aren, Alpukat,Mangga,Jambu Mente, dan pohon Jati, serta penaburan benih ikan yang berjenis Mujair, lele, dan koi sebanyak 16.000 di area danau Limboto ini. Puncak HAD ke 30 ini, dihadiri oleh Asisten 1 Provinsi Gorontalo, Bupati kabupaten Gorontalo Prof. Dr.Ir. Nelson Pomalingo, sekaligus bertindak sebagai Duta Sungai, ibu Rugaiya Usman (Uga Wiranto) yang dikenal juga sebagai Duta Lingkungan, Danrem 133/Nani Wartabone, perwakilan dari seluruh UPT kementerian PUPR provinsi Gorontalo, ikatan pensiunan Pekerjaan Umum (IPPU), beberapa komunitas Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA), dan seluruh insan PUPR BWS Sulawesi II Gorontalo.

Dalam sambutan menteri PUPR yang dibaca Wakil Menteri PUPR John W.Wetipo menyampaikan peringatan HAD ke 30 merupakan upaya bersama untuk meningkatkan perhatian publik dan masyarakat internasional akan pentingnya air tanah bagi kehidupan selanjutnya kita bersama-sama melindungi pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan. Peringatan ini juga bagian dari kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan menjaga air untuk menghindari kerusakan lingkungan.

Setelah penanaman pohon dan penebaran benih ikan, agenda kegiatan dilanjutkan dengan sapa balai bersama wakil menteri PUPR secara virtual.