free log

Berita Terkini

Berita Terkini
Kaji Ulang Manajemen Laboratorium
Kaji Ulang Manajemen Laboratorium

Dalam rangka salah satu pemenuhan SNI ISO/IEC 17025:2017 (Klausul 8.9), Direktorat Bina Teknik SDA (Dirbintek SDA) menyelenggarakan tinjauan manajemen laboratorium tahun 2022. Laboratorium Balai Teknik Sabo salah satu laboratorium yang mengikuti rapat tinjauan/ kaji ulang manajemen laboratorium di lingkungan Dirbintek SDA.  Rapat kaji ulang ini dilakukan secara virtual pada Selasa, 20 Desember 2022. Adapun isi dari rapat kaji ulang ini adalah penyampaian laporan/ bahan kaji ulang manajemen laboratorium di semua unit di bawah Dirbintek SDA, serta tindak lanjut pengelolaan laboratorium terkait dengan isu-isu terbaru. 

2022-12-27 10:37:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Kunjungan Mahasiswa Prodi Geografi Lingkungan Fakultas Geografi, UGM
Kunjungan Mahasiswa Prodi Geografi Lingkungan Fakultas Geografi, UGM

Pada Senin, 19 Desember 2022 Balai Teknik Sabo menerima kunjungan dari mahasiswa Prodi Geografi Lingkungan Fakultas Geografi UGM. Rombongan yang terdiri dari mahasiswa aktif sebanyak 54 orang, diterima oleh I Putu Eddy Purna Wijaya, S.T., M.T. (Kepala Balai Teknik Sabo) beserta staf teknis di Auditorium Merapi. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah pengenalan profil Balai Teknik Sabo dengan harapan peserta dapat memiliki gambaran mengenai prospek kerja yang berkesesuaian dengan bidang program studi Geografi Lingkungan. 

Rombongan diajak berkeliling di laboratorium hidraulik, laboratorium mekanika tanah, laboratorium lahar guna mendapat gambaran lebih jelas tentang aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan di Balai Teknik Sabo. Selain berkeliling di laboratorium, rombongan juga diajak mengunjungi perpustakaan Balai Teknik Sabo melihat koleksi literatur serta fasilitas yang ada.








2022-12-26 09:07:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Surveilen Laboratorium Balai Teknik Sabo
Surveilen Laboratorium Balai Teknik Sabo

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, bahwasanya Laboratorium Balai Teknik Sabo berhasil melakukan re-akreditasi mempertahankan statusnya sebagai Lembaga Pengujian Terakreditasi sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2017 untuk 5 tahun kedepan (8 Maret 2017-7 Maret 2026). Dalam rangka surveilen ke-1, KAN (Komite Akreditasi Nasional) melakukan onsite assessment di Laboratorium Balai Teknik Sabo. Surveilen ke-1 ini dilakukan dengan maksud untuk menjaga ISO/IEC 17025:2017 masih diimplementasikan dengan benar di Laboratorium Balai Teknik Sabo pada 18 jenis pengujian (9 lingkup beton, 8 lingkup mekanika tanah, dan 1 lingkup hidraulika). Kegiatan surveilen ke-1 berlangsung selama 2 hari pada 19-20 September 2022.






2022-09-27 09:15:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Workshop Pengendalian Gratifikasi
Workshop Pengendalian Gratifikasi

Bertempat di Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Inspektorat Jenderal Kementerian PUPR mengadakan Workshop Pengendalian Gratifikasi yang diikuti oleh seluruh Satuan Tugas Pengendalian Gratifikasi UPT Wilayah Pulau Sumatera dan Jawa. Balai Teknik Sabo menjadi salah satu peserta workshop tersebut. Workshop ini berlangsung selama 2 hari pada 15-16 September 2022. 

Sebelum dimulainya workshop, Ir. T. Iskandar, M.T. selaku Inspektur Jenderal Kementerian PUPR menyampaikan kegiatan workshop tersebut merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan rekomendasi KPK terkait Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2021 dengan harapan dapat meningkatkan indeks dan integritas dari Kementerian PUPR. Untuk menciptakan lingkungan yang anti-gratifikasi harus dimulai dari insan pribadi masing-masing. Peserta workshop diharapkan dapat menjadi role model dalam penerapan budaya anti-gratifikasi yang inovatif, menginternalisasikan budaya anti-gratifikasi di Balai/UPT, memetakan titik rawan/risiko gratifikasi di Balai/UPT, serta melaporkan kinerja pengendalian gratifikasi ke UPG Unit Organisasi. Selin itu juga menyampaikan pesan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono agar dalam berbagai kesempatan selalu memperhatikan 4 Big No's, yaitu No Bribery, No Kick Back, No Gift dan No Luxorius Lifestyle.

sumber: instagram.com/p/Cioy6QhLC81/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D


2022-09-23 11:33:54 Selengkapnya

Berita Terkini
Kunjungan Mahasiswa Keio University Japan
Kunjungan Mahasiswa Keio University Japan

Balai Teknik Sabo menerima kunjungan dari mahasiswa Keio University Japan pada 9 September 2022, dan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM sebagai koordinator kunjungan tersebut. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui kegiatan yang sudah dan sedang dilakukan oleh Balai Teknik Sabo terkait mitigasi bencana di Indonesia khususnya penanggulangan bencana sedimen. Rombongan diterima oleh Rokhmat Hidayat, ST., MT., Maria Asunta Hana P, ST., M.Eng., Alidina Nurul Hidayah, ST, M.Sc. dan Moh. Dedi Munir, ST selaku JFT beserta staf di ruang Crisis Centre. Sebelum berkunjung ke Balai Teknik Sabo, rombongan melakukan survey lapangan di Sabodam Nglumut, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Harapannya dengan kunjungan ini para mahasiswa lebih memahami terkait teknologi mitigasi bencana penanggulangan bencana sedimen yang telah dikembangkan dan dilakukan oleh Balai Teknologi Sabo.

2022-09-12 14:45:23 Selengkapnya

Berita Terkini
Advis Teknik Banjir Bandang-Parigi Moutong, Sulawesi Tengah
Advis Teknik Banjir Bandang-Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Berdasarkan surat dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu No: PR0102/Bws13/392.2 perihal Permohonan Reviu Justifikasi Teknis dan Perubahan Desain Pekerjaan Penanganan Tanggap Bencana Alam Banjir Sungai Torue, Sungai Sampoloe, dan Sungai Tolai Kecamatan Parigi Moutung Provinsi Sulawesi Tengah, Balai Teknik Sabo memberikan arahan dan Justifikasi Teknis atas perubahan desain akibat kondisi lapangan yang berubah dari gambar usulan. Seperti diketahui bahwasanya banjir bandang telah melanda empat wilayah di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah pada 28 Juli 2022, yaitu Desa Torue, Dusun II, Dusun III, dan Dusun IV yang berada di Kecamatan Torue. (bnpb.go.id/berita/banjir-terjang-parigi-moutong-3-orang-warga-ditemukan-meninggal-dunia)


Sumber foto: bnpb.go.id

2022-08-19 09:49:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Advis Teknik Banjir Bandang-Aceh Tenggara
Advis Teknik Banjir Bandang-Aceh Tenggara

Pada 14 April 2022 terjadi banjir bandang yang menerjang Lawe Beringin Gayo, Kecamatan Sadam, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh sekiranya pukul 19.58 WIB. Kejadian banjir bandang ini akibat adanya peningkatan debit air sungai di Desa Lawe Beringin Gayo. Banjir bandang membawa material bebatuan besar, galian C dan kayu gelondongan. Berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Aceh Tenggara, terdapat 81 rumah rusak dengan jumlah penghuni 288 jiwa. Kerusakan juga terjadi pada fasilitas umum, seperti masjid, sekolah, kantor desa, saluran irigasi dan PAM, jembatan desa, jembatan nasional, jalan pedesaan dan jalan nasional. (https://aceh.tribunnews.com/2022/04/17/banjir-bandang-di-aceh-tenggara-37-kk-warga-desa-lawe-beringin-gayo-mengungsi)

Salah satu tusi dari Balai Teknik Sabo adalah melaksanakan pelayanan teknis pengkajian. Di bawah Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Balai Teknik Sabo memberangkatkan tim advis teknis sebanyak 4 orang, dalam rangka survey lapangan pada 1 Agustus-5 Agustus 2022.


2022-08-12 10:59:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Pokja Pelayanan Publik oleh Biro Komunikasi Publik
Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Pokja Pelayanan Publik oleh Biro Komunikasi Publik

Dalam rangka mendukung Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokasi Bersih dan Melayani (WBBM), Balai Teknik Sabo mendapat kegiatan pendampingan pembangunan ZI Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dari Biro Komunikasi Publik pada Selasa (2/8) yang bertempat di Balai Teknik Sabo. Pendampingan ini telah memasuki tahap kunjungan lapangan untuk memverifikasi dokumen pendukung ZI sekaligus mengevaluasi kegiatan pelayanan publik Balai Teknik Sabo





Eko Aristanto selaku Tenaga Ahli dari Biro Komunikasi Publik berpesan bahwa budaya pelayanan prima harus direalisasikan secara optimal terutama pada petugas pelayanan dan website yang merupakan gerbang terdepan yang mewakili keseluruhan institusi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional, website harus diperbaharui dan dikembangkan secara berkelanjutan.

Balai Teknik Sabo akan terus mempertahankan, menjaga, serta meningkatkan inovasi dan pelayanan publik sesuai dengan tugas dan fungsi dari Balai Teknik Sabo yaitu melaksanakan pengembangan, perekayasaan, dan pelaksanaan pelayanan teknis.

2022-08-04 10:42:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Monev Pembangunan Zona Integritas oleh Direktorat Kepatuhan Intern
Monev Pembangunan Zona Integritas oleh Direktorat Kepatuhan Intern

Menjelang Penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian PAN RB, Balai Teknik Sabo mendapatkan pendampingan pembangunan ZI oleh Direktorat Kepatuhan Intern dalam bentuk monitoring dan tinjauan lapangan pada Rabu (27/7) dan Kamis (28/7) yang bertempat di Balai Teknik Sabo.




Pembangunan ZI di Balai Teknik Sabo terus dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi dari Balai Teknik Sabo yaitu melaksanakan pengembangan, perekayasaan, dan pelaksanaan pelayanan teknis pengujian, pengkajian, inspeksi, dan sertifikasi di bidang Sabo. Dalam monitoring dan evaluasi Pembangunan ZI ini, Balai Teknik Sabo memaparkan mengenai capaian kegiatan, kendala pelaksanaan kegiatan, serta dampak setelah kegiatan pada hari pertama yang dilanjutkan dengan evaluasi lapangan pada hari kedua.

Melalui arahannya, Direktur Kepatuhan Intern, Ir. Lilik Retno Cahyadiningsih, M.A. berpesan agar Pembangunan ZI dilaksanakan secara konsisten sehingga perubahan budaya kerja sesuai dengan core value ASN Ber-AKHLAK dapat dicapai.

2022-08-04 10:00:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Advis Teknik Volcanic Disaster Reduction in Bali Island (JICA)
Advis Teknik Volcanic Disaster Reduction in Bali Island (JICA)

Berdasarkan surat permohonan dari Balai Wilayah Sungai Bali-Penida No. UM.01.03-Bws15, perihal Permohonan Pendampingan Survey Daerah Aliran Sungai yang Terdampak Erupsi Gunung Agung oleh Tim JICA, Balai Teknik Sabo melakukan survey pada 18 Juli-22 Juli 2022. Tujuan dari survey ini adalah sebagai Data Collection on Volcanic Disaster Reduction in East Java and Bali Islands Republic of Indonesia yang dilaksanakan oleh JICA (Japan International Cooperation Agency). Survey dilakukan di 9 sungai, yaitu Sungai Unda, Yeh Sah, Daya, Nusu Kanan, Wates, Batuniti, Mbahapi, Jangga, dan Buhu.

2022-07-29 13:59:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Advis Teknik Banjir Bandang-Pati, Jawa Tengah
Advis Teknik Banjir Bandang-Pati, Jawa Tengah

Berdasarkan surat permohonan dari Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana No: PA 0102-Ao/764 tanggal 15 Juli, perihal Advis Teknik Kajian Banjir Bandang Wilayah Pegunungan Muria dan Kendeng Kabupaten Pati, Balai Teknik Sabo melakukan kajian terkait hal tersebut pada 18 Juli – 20 Juli 2022. Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Pati pada 14 Juli 2022 menerjang di 3 kecamatan dan 26 desa. Adapun rincian yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Margoyoso adalah Desa Bulumanis Kidul, Bulumanis Lor, Tunjungrejo, Waturoyo, Cebolek dan Sekarjalak. Sementara di Kecamatan Trangkil di Desa Karangwage. Kemudian Kecamatan Wedarijaksa tersebar di 5 desa, yaitu Desa Margorejo, Tawangharjo, Jontro, Nguran Siti dan Nguren Rejo. Sedangkan Kecamatan Pati paling banyak desa yang terdampak banjir, yaitu 14 desa (Desa Dengkek, Cengkok, Setulan, Semampir, Geta’an, Kalidoro, Sarirejo, Ngipik, Sidokerto, Payang, Mulyoharjo, Kutoharjo, Ngepungrejo dan Widorokandang).( https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/235539178/banjir-bandang-pati-sejumlah-rumah-warga-hanyut-26-desa-terdampak)

Tingginya curah hujan di wilayah lereng Pegunungan Muria yang menjadi hulu sejumlah sungai di Kabupaten Pati, mengakibatkan banjir serta menyebabkan tanggul beberapa sungai jebol dan memicu banjir bandang. Dampak banjir bandang ini adalah kerusakan infrastruktur (rumah penduduk maupun fasilitas publik) maupun harta benda.

2022-07-27 11:52:00 Selengkapnya

Berita Terkini
Uji Banding Laboratorium DPUPR Tulungagung
Uji Banding Laboratorium DPUPR Tulungagung

Laboratorium Balai Teknik Sabo menerima kunjungan dari Laboratorium Dinas PUPR (DPUPR) Kabupaten Tulungagung pada 21 Juli 2022. Maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut adalah, sebagai implementasi pemenuhan jaminan mutu Laboratorium Penguji (Laboratorium DPUPR Kab. Tulungagung) untuk mempertahankan status akreditasi dan dalam rangka penambahan ruang lingkup akreditasi sesuai SNI ISO/IEC 17025/2017. Seperti yang telah diketahui, bahwa Laboratorium Balai Teknik Sabo berhasil mempertahankan statusnya sebagai Lembaga Pengujian Terakreditasi sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025/2017 pada 8 Maret 2021, dengan mencakup 18 jenis pengujian (9 lingkup beton, 8 lingkup mekanika tanah, dan 1 lingkup hidraulika).

Rombongan dari Laboratorium DPUPR Kab. Tulungagung merupakan teknisi laboratorium dipimpin oleh Sigit Anindito Siniwiko, ST. selaku JFT (Jabatan Fungsional Tertentu) laboratorium yang ditemui oleh I Putu Eddy Purna Wijaya, ST., MT., (Kepala Balai Teknik Sabo), Jati Iswardoyo, ST., M.Eng., (Sub Koor Pengembangan dan Penerapan), Maria Asunta Hana P, ST., M.Eng. (Kepala Laboratorium Balai Teknik Sabo). Selain melakukan uji banding berupa pengujian kuat lentur beton, rombongan juga berkunjung di laboratorium mekanika tanah, laboratorium beton dan hidraulika didampingi oleh teknisi Laboratorium Balai Teknik Sabo



Teknisi Laboratorium Balai Teknik Sabo sedang menjelaskan pengujian dan alat uji ke Teknisi Laboratorium DPUPR Kab. Tulungagung

2022-07-25 10:01:00 Selengkapnya