free log

Asessment Surveillance KAN Laboratorium Balai Teknik Sabo


Kategori : Berita Sabo     Tim Penulis : Balai Sabo

  1 year ago



Asessment Surveillance KAN Laboratorium Balai Teknik Sabo

Foto : Asessment Surveillance KAN Laboratorium Balai Teknik Sabo


KAN (Komite Akreditasi Nasional) merupakan badan akreditasi di Indonesia yang menyelenggarakan layanan akreditasi kepada Lembaga Penilaian Kesesuaian/ Confirmity Assessment Body, seperti: lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, lembaga validasi/ verifikasi, penyelenggara uji profisiensi, dan produsen bahan acuan. Hingga saat ini, KAN telah memperoleh pengakuan secara regional maupun internasional untuk skema akreditasi sesuai dengan layanan akreditasi yang ada di KAN. Artinya, sertifikat/ hasil uji yang diterbitkan oleh Lembaga Penilaian Kesesuaian yang diakreditasi oleh KAN untuk skema tersebut dapat diterima oleh negara lain (http://kan.or.id/index.php/programs/sni-iso-iec-17025/laboratorium-penguji).

Salah satu layanan akreditasi yang diberikan oleh KAN adalah akreditasi Laboratorium Penguji, yaitu akreditasi yang diperuntukkan laboratorium yang mengoperasikan kegiatan pengujian mengacu pada SNI ISO/IES 17025:2017 tentang "Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi". Pada tanggal 29 September 2021, KAN melaksanakan Surveillance ke Laboratorium Balai Teknik Sabo secara virtual. Dengan diawali pembukaan oleh Kepala Balai Teknik Sabo, Yunitta Chandra Sari, SE., ST., MT. diikuti oleh Tim Asesor KAN, serta seluruh personil mutu dan teknis laboratorium kegiatan ini berlangsung dengan lancar.

Akreditasi yang dilakukan di Laboratorium Balai Teknik Sabo mencakup 18 jenis pengujian terdiri dari 9 lingkup beton, 8 lingkup mekanika tanah, dan 1 lingkup hidraulika. Dari hasil Surveillance tersebut, Laboratorium Balai Teknik Sabo berhasil mempertahankan statusnya sebagai Lembaga Pengujian Terakreditasi sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2017 dengan masa berlaku 5 tahun terhitung dari 8 Maret 2021-7 Maret 2026.





Bagikan :

Cetak