free log

Kunjungan Lapangan Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum


Kategori : Berita Sabo     Tim Penulis : Balai Sabo

  2 years ago



Kunjungan Lapangan Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum

Foto : Kunjungan Lapangan Mahasiswa Politeknik Pekerjaan Umum


Guna menunjang pelaksanaan mata kuliah dan peingkatan pemahaman serta wawasan Mahasiswa, diperlukan kunjungan pada instansi yang melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan mata kuliah atau jurusan yang terkait.

Politeknik Pekerjaan Umum program studi teknologi konstruksi bangunan air pada tanggal 1 - 2 Desember 2020 melakukan kunjungan ke Balai Teknik Sabo untuk melihat perkembangan teknologi penanganan banjir debris terkini dan juga kegiatan laboratorium di lingkungan balai. Kunjungan ini melibatkan 55 orang yang terdiri dari 5 dosen, 45 mahasiswa dan 5 panitia.

Kunjungan terkait teknologi penanganan banjir diawali dengan Pembukaan oleh Ibu Kepala Balai Teknik Sabo, Yunitta Chandra Sari, SE,. ST., MT, dilanjutkan penjelasan mengenai penerapan Teknosabo oleh Ir. Chandra Hassan, Dipl.H, M.Sc yang menjelaskan mengenai metode untuk penanganan banjir debris dan Penjelasan mengenai EWS (Early Warning System) oleh Ir. Bambang Sukatja, M.Sc


Selanjutnya dilanjutkan dengan melihat kegiatan harian dari laboratorium di Balai Teknik Sabo, laboratorium di Balai Teknik Sabo meliputi laboratorium Lahar, Hidraulika, Beton dan Tanah. Disini mahasiswa akan diberikan penjelasan mengenai proses yang terjadi di laboratorium dan penjelasan mengenai beberapa peralatan tes yang ada.


Kunjungan diakhiri dengan melihat penerapan Teknosabo di lapangan, dalam hal ini adalah penanganan struktural banjir debris berupa bangunan sabo di Bronggang.


Diharapkan dengan kunjungan ini mahasiswa akan dapat memahami dengan leih baik mengenai metode dalam penanganan bencana sedimen dengan teknologi sabo dengan sangat baik.









Bagikan :

Cetak