free log

Pelatihan Pemetaan Dengan Menggunakan Drone RTK


Kategori : Berita Sabo     Tim Penulis : Balai Sabo

  1 year ago



Pelatihan Pemetaan Dengan Menggunakan Drone RTK

Foto : Pelatihan Pemetaan Dengan Menggunakan Drone RTK


Pemetaan dengan menggunakan Drone adalah sebuah kegiatan untuk mendapatkan informasi spasial dalam suatu wilayah atau area tertentu yang nantinya akan diimplementasikan dalam suatu bentuk peta dengan memanfaatkan wahana pesawat tanpa awak atau Unmaned Aerial Vehicle (UAV).

Aerial Photogrammetry Mapping dengan menggunakan wahana Drone merupakan salah satu metode yang mampu menyajikan data topografi dan data keruangan dalam bentuk peta foto udara (ortofoto).

Drone mapping merupakan metode baru yang menjadi sebuah solusi dalam menjawab kebutuhan pemetaan. Drone Mapping mampu menyajikan data spasial dengan akurasi tinggi, untuk berbagai keperluan pemetaan, dimanapun, dan kapanpun kebutuhan itu berada.

Pada masa ini pemetaan drone dapat membantu kita untuk melakukan pemetaan dengan area yang luas secara cepat, biaya yang lebih efektif, serta mampu memberikan data penunjang untuk membantu mempercepat alur kerja kita dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang kesaboan yang membutuhkan data topografi terkini di alur alur sungai yang kadang relatif sulit aksesibilitasnya.

Dengan menggunakan Drone sangat dimungkinkan untuk mendapatkan data pengukuran topografi dengan kualitas yang sama dengan pengukuran secara terestrial akan tetapi dalam waktu yang relatif lebih singkat.
Secara substansial hal ini tentu akan mengurangi biaya operasional dan beban kerja ketika di lapangan.

balai Teknik Sabo melakukan pelatihan meliputi pengenalan, penerbangan sekaligus pemrosesan survey dengan menggunakan Drone RTK yang dilaksanakan pada tanggal 16 - 17 Maret 2021 bertempat di gedung Media Center dan di lapangan saat praktek penerbangan.









Bagikan :

Cetak