free log

Uji Model Hidraulik Fisik 2 Dimensi (UMHF 2D) Sabodam Syphon Siman


Kategori : Berita Sabo     Tim Penulis : Balai Sabo

  1 year ago



Uji Model Hidraulik Fisik 2 Dimensi (UMHF 2D) Sabodam Syphon Siman

Foto : Uji Model Hidraulik Fisik 2 Dimensi (UMHF 2D) Sabodam Syphon Siman


Bertempat di Laboratorium Lahar, Balai Teknik Sabo melakukan expose running Uji Model Hidraulik Fisik 2 Dimensi (UMHF 2D) Sabodam Syphon Siman pada 6 Oktober 2021, yang dihadiri oleh Yunitta Chandra Sari, S.E., S.T., M.T. (Kepala Balai Teknik Sabo), serta perwakilan dari BBWS Brantas yaitu Ir. Sri Hardini Suprapti, M.T. (Kepala Bidang PJSA BBWS Brantas); Indah Kusuma Hidayati, S.T., M.T (Kepala Satker PJSA BBWS BRantas); dan Hari Pranowo, S.T., M.T (PPK Sungai Pantai II) beserta staf.

UMHF yang diuji berupa bangunan syphon, sabodam dan groundsill yang rencananya akan diterapkan di Sungai Konto. UMHF bertujuan untuk melihat unjuk kerja desain sabodam dan groundsill sebagai pengendali banjir lahar di Sungai Konto, sekaligus sebagai pengaman bangunan syphon yang akan dibangun secara melintang di sungai tersebut.

Sungai Konto sendiri merupakan sungai yang bersumber dari mataair Gunung Anjasmoro dan Gunung Argowayan. Beberapa anak sungai yang mengalir di Sungai Konto diantaranya adalah Sungai Nambaan, Sungai Nogo dan Sungai Sambong berhulu di Gunungapi Kelud. Jika Gunungapi Kelud meletus dan kemudian terjadi banjir lahar di sungai ini, akan berpengaruh terhadap pasokan air di Waduk Siman sekaligus sebagai PLTA Siman (https://expresiku2812.blogspot.com/2014/04/kali-konto-waduk-selorejoplta-selorejo.html). Oleh karena itulah diperlukan upaya untuk mengendalikan banjir lahar dengan menggunakan teknologi sabodam.





Bagikan :

Cetak