HUT PUPR Tanam Pohon Yuk


Kategori : Berita Balai

02 Desember 2021, 10:00:00


Penanaman Anakan di Sekitar Sungai Talau

Foto : Penanaman Anakan di Sekitar Sungai Talau


RILIS BWS NTII, 29 Nopember 2021

 

HUT PUPR, Tanam Pohon Yuk

Memperingati hari Bhakti PU ke 76 tahun 2021, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II) melakukan penanaman pohon disekitar sungai Talau Kab. Belu Prov. NTT yang dikoordinasi oleh Kegiatan Penatagunaan Sumber Daya Air (PSDA) Satker OP NT II. Pada kesempatan itu PPK PSDA, Melkior Alexander Lukas, SP. M.T mengatakan penanaman 5000 pohon ini bekerja sama dengan Forum Masyarakat Peduli Sungai (Formapes) Talau dan sebelumnya berlangsung pembekalan yang disampaikan oleh Narasumber dari Undana Kupang, Dr. Philiphi de Rosari, Ph.D.

Kegiatan penanaman pohon dibuka oleh Wakil Bupati Belu Drs. Aloysius Haleserens, M.M dihadiri sekitar 500 peserta dengan tetap memperhatikan Prokes Covit diantaranya Formapes Talau, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, 34 Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Belu, BRI, BNI dan Bank NTT.

Dikatakan, Tujuan dari Aksi Penanaman Pohon yang diselenggarakan oleh Formapes Talau adalah, sebagai upaya mitigasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta upaya konservasi sumber daya air. Mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi pada daerah aliran sungai sekaligus mewujudkan sinergitas dan peran serta masyarakat, dalam konservasi Sumber Daya Air; Memulihkan kondisi daerah tangkapan air, menjaga sumber-sumber mata air, sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menjaga dan mencintai lingkungan; Meningkatkan kepedulian seluruh warga masyarakat menuju solidaritas dalam pelestarian alam yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan; Mendorong masyarakat untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal sebagai masyarakat berbasis sungai dan menyalurkan aspirasi peran aktif warga masyarakat potensi kepedulian terhadap lingkungan khususnya di kawasan sungai Talau, Kabupaten Belu pada umumnya. <Willem/Bai>

Bagikan :