Selamatkan Air dan Energi


Kategori : Berita SDA

06 Mei 2014, 14:00:15


06052014

Foto : 06052014


Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-22 tahun 2014 dengan tema Air dan Energi, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum bekerjasama dengan ikatan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia menyelenggarakan Festival Hari Air Dunia (World Water Festival) di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok (030514). Acara ini dihadiri oleh Widiarto, Sekretaris Dewan Sumber Daya Air Nasional, Ikatan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dan para peserta lomba.

Festival Hari Air Dunia tahun ini diisi dengan lomba mewarnai (tingkat TK), lomba menggambar (tingkat SD), lomba poster ilmiah dan paduan suara (tingkat SMP), lomba penelitian ilmiah dan jingle (tingkat SMA). Peserta yang merupakan para pelajar TK, SD SMP dan SMA berasal dari sekolah di berbagai wilayah seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

 

Menurut Adrian Satriaji, Ketua Ikatan Mahasiswa sipil Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengatakan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sejak dini akan ketersediaan air dan energi dan masyarakat diharapkan agar dapat berkontribusi dalam memberikan solusi bagi permasalah pengelolaan air dan energi .

 

Sementara itu Widiarto mengatakan bahwa Air merupakan kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup. Kegunaan air yang bersifat universal atau menyeluruh dari setiap aspek kehidupan menjadikan ketersediaannya semakin berharga dan sangat dipengatuhi oleh kuantitas dan kualitasnya. Sebenarnya jumlah air tetap tetapi jumlah populasi manusia semakin bertambah.

 

“Dengan tema air dan energi kita semua diingatkan untuk selalu menjaga ketersediaan air, mengingat air sangat erat kaitannya dengan energi. Apabila kuantitas air tidak dijaga maka ketersediaan energi juga akan punah. Dengan kata lain save water save energy,” lanjut Widiarto

 

(tin-datinSDA)

Bagikan :