Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : PPID-Cimancis

BBWS CIMANCIS ADAKAN REVIEW DESAIN AIR BAKU DEMI MEMENUHI KEBUTUHAN AIR DI KABUPATEN BREBES

CIREBON - Air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Krisis air baku merupakan satu bencana yang ditakuti oleh setiap manusia. Demi meminimalisir bencana krisis air baku, BBWS Cimanuk Cisanggarung Mereview Desain Air Baku Brebes yang pembahasannya dihadiri oleh Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc beserta jajarannya beserta tim konsultan secara daring pada Kamis (10/6/2021).

Kecamatan Tanjung merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Brebes di sebelah hilir Sungai Babakan. Namun kondisi air baku di Kecamatan Tanjung sudah terintrusi (terkontaminasi) oleh air laut yang dapat menimbulkan kelangkaan sumber air tawar.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah melalui BBWS Cimanuk Cisanggarung berupaya memanfaatkan potensi Sungai Babakan untuk memenuhi kebutuhan air baku dengan melakukan pekerjaan Review Desain Air Baku interkoneksi antara Sungai Babakan, Sungai Tanjung, dan Sungai Kabuyutan.

Rencananya, review desain ini kelak akan direalisasikan menjadi Bendung guna menyuplai kebutuhan air baku ketika musim kemarau dan mereduksi banjir ketika tiba di musim penghujan yang direncanakan konstruksinya pada tahun 2022. Diharapkan rencana ini dapat berjalan seefektif mungkin dengan dukungan dari pihak Kawasan Industri Brebes. (PPID-Cimancis)