Slide 1

Berita Balai Wilayah Sungai Papua > Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Land Clearing Budidaya Jagung Kab. Keerom


Selasa, 22 November 2022, Dilihat 625 kali

Kab. Keerom, Dalam rangka meninjau langsung progres pekerjaan landclearing untuk mendukung budidaya tanaman jagung 3000 ha di Kabupaten Keerom, bersama ini Direktur Irigasi dan Rawa yang didampingi oleh Subdirektorat Wilayah III Irigasi Dan Rawa, Tim Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Dinas Pertanian Provinsi Papua dan Kabupaten Keerom, Bulog Provinsi Papua, Kepala Balai Wilayah Sungai Papua serta para Penyedia Jasa melaksanakan kegiatan “Rapat Koordinasi Sekaligus Monitoring dan Evaluasi Pekerjaan” pada Selasa, (22/11/22) di Kampung Wambes, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.

Tujuan dari rapat koordinasi ini yaitu, menyatukan presepsi dari semua pihak yang terlibat, seperti yang diungkapkan oleh Direktur Irigasi Dan Rawa, Bapak Suparji ,“ Tujuan dari kunjungan sekaligus rapat kali ini, yaitu menyatukan presepsi dalam pekerjaan ini, yang bukan hanya menjadi urusan PUPR saja, namun merupakan urusan dari semua instansi yang ikut terlibat dalam pembukaan lahan budidaya jagung Keerom”. Tidak hanya menyamakan presepsti saja, rapat kali ini juga membahas terkait kesiapan logistik dan distribusi pasca panen hingga para calon petani dan calon lokasi (CPCL) yang nantinya akan mengelolah budidaya jagung tersebut.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang sudah dilaksanakan di Kota maupun Kabupaten Jayapura, dengan kelompok penerima untuk Kab. Nabire di antaranya DI Kalibumi, DI Biha, DI Legari,dan DI Meidey. Bersamaan dengan kegiatan P3-TGAI ini, dilaksanakan juga kegiatan tanam pangan dalam rangka ketahanan pangan nasional dimana kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan tata guna air untuk keberlanjutan masa yang akan datang.

Diwaktu yang sama, Direktur Irgasi Dan Rawa beserta rombongan menyempatkan diri untuk meninjau langsung lahan budidaya jagung yang sudah di lanclearing seluas 436 ha, yang mana pada saat ini sedang dalam proses pengolahan lahan hingga persiapan tanam yang akan dilaksanakan dipenghujung tahun ini.

Untuk itu, diharapkan bahwa budidaya jagung di Kabupaten Keerom dapat menjadi sesuatu yang berkelanjutan, baik dalam budidayanya maupun pemasarannya, sehingga dapat membantu perekonomian khususnya untuk masyarakat di kabupaten keerom.

#kemenpupr #sigapmembangunnegeri #ditjen_sda #bwspapua #sisdabwspapua #latepost