Berita

Beranda / Berita / BWS Sulawesi IV Kendari Mulai Lakukan Impounding di Bendungan Ladongi

BWS Sulawesi IV Kendari Mulai Lakukan Impounding di Bendungan Ladongi

  • Jumat, 08 Okt 2021 03:23 WITA
  • 273 Kali dilihat
  • Berita Balai
BWS Sulawesi IV Kendari Mulai Lakukan Impounding di Bendungan Ladongi keterangan foto
  • KOLAKA TIMUR - Mendekati selesainya pembangunan Bendungan Ladongi, Kab. Kolaka Timur, pada Jumat (30/09) Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWS) IV Kendari melakukan impounding atau penggenangan awal waduk di lokasi proyek pembangunan Bendungan Ladongi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

    Seremonial impounding dihadiri oleh Kepala BWS Sulawesi IV Kendari didampingi jajaran pejabat struktural dan fungsional BWS Sulawesi IV Kendari, Kepala Balai pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Prov. Sulawesi Tenggara, Kapolres Kolaka, serta Pemerintah Daerah Kab. Kolaka Timur.

    Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kegiatan dilanjutkan dengan arahan safety induction, pembacaan doa, dan sambutan dari Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Agus Safari, ST., MT.

    Bendungan Ladongi merupakan salah satu dari 65 Bendungan yang direncanakan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan energi. Agus Safari dalam sambutannya menjelaskan Bendungan ini memiliki kapasitas tampung 45,945 juta m3 yang diperuntukkan bagi masyarakat Kab. Kolaka Timur dengan fungsi utama yaitu memenuhi kebutuhan irigasi, terutama Daerah Irigasi (DI) Ladongi yang merupakan daerah irigasi premium dengan luas layanan 3.604 Ha sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian DI Ladongi. Manfaat lainnya yang akan dirasakan oleh masyarakat dari Bendungan Ladongi diantaranya dapat memenuhi kebutuhan air baku sebanyak 120 liter/detik dan memiliki potensi pembangkit energi listrik sebesar 1,3 megawatt.
     
    Pembangunan Bendungan Ladongi yang dibangun sejak tahun 2016 saat ini progressnya telah mencapai 98%, dan saat ini akan difokuskan pada tahap finishing atau penyelesaian crest dam dan bangunan fasilitas bendungan. Agus Safari berharap dengan dilaksanakannya impounding Bendungan Ladongi, masyarakat Kab. Kolaka Timur dapat segera merasakan manfaatnya, khususnya untuk kebutuhan irigasi sawah. Selama proses penggenangan ini, BWS Sulawesi IV Kendari telah menyiapkan sistem pengairan sehingga para petani tetap dapat melaksanakan kegiatan tanam, meskipun dalam masa transisi pola tanam akan mengalami sedikit perubahan.

    Dalam kesempatan ini pula Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Agus Safari, ST mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, pemerintah Prov. Sulawesi Tenggara, Pemerintah Daerah Kab. Kolaka Timur dan seluruh tim pembangunan Bendungan Ladongi yang telah mendukung dan membantu mewujudkan pelaksanaan pembangunan Bendungan Ladongi selama ini.

    Impounding yang berlangsung di lokasi bendungan ditandai dengan penekanan sirine oleh Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Asisten I Pemerintah Daerah Kab. Kolaka Timur, Komandan Kodim (Dandim) Kab. Kolaka, serta Kapolres Kab. Kolaka.

    #KemenPUPR
    #SigapMembangunNegeri
    #ditjenSDA
     
 
Galeri Foto :