Berita

Beranda / Berita / Pelatihan Tenaga Pendamping Masyarakat TPM Kegiatan P3 TGAI BWS Sulawesi IV Kendari TA 2021

Pelatihan Tenaga Pendamping Masyarakat TPM Kegiatan P3 TGAI BWS Sulawesi IV Kendari TA 2021

  • Senin, 05 Apr 2021 00:52 WITA
  • 464 Kali dilihat
  • Berita Balai
Pelatihan Tenaga Pendamping Masyarakat TPM Kegiatan P3 TGAI BWS Sulawesi IV Kendari TA 2021 keterangan foto

KENDARI - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan program pemerintah untuk mendukung kedaulatan pangan nasional, sebagai perwujudan kemandirian ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat. P3-TGAI sendiri adalah pekerjaan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi yang dalam pengerjaannya melibatkan petani atau penduduk setempat secara swakelola, yang juga merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi.

Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) ini nantinya bertugas melaksanakan sosialisasi P3-TGAI di lokasi penerima bantuan, memotivasi dan mendampingi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dalam hal teknis, administrasi, penyusunan laporan dan dokumentasi pelaksanaan P3-TGAI, selain itu TPM juga melakukan pendampingan dalam kegiatan pelaksanaan fisik serta penguatan kelembagaan Kelompok Penerima Manfaat (KPM), sehingga secara formal dan operasional nantinya KPM dapat melakukan operasionalisasi P3-TGAI dalam wujud partisipasi aktif seluruh anggotanya dan memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan produktivitas dan produksi usaha tani secara berkesinambungan dalam jangka panjang sehingga tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, BWS Sulawesi IV Kendari melalui PPK Operasi & Pemeliharaan Sumber Daya Air II & III mengadakan Pelatihan TPM untuk kegiatan P3-TGAI tahap I dengan harapan agar TPM lebih memahami tugasnya sehingga hasil pendampingan baik berupa perhitungan, gambar dan laporan yang dihasilkan sesuai dengan peraturan serta bermanfaat bagi masyarakat yang menikmati manfaat bantuan secara langsung. Kegiatan tersebut diselenggaraan di Hotel Plaza Inn Kendari selama 2 hari, diikuti oleh total 133 TPM yang telah mengikuti proses seleksi dengan 67 TPM pada Rabu (31/03) dan 66 TPM pada Kamis (01/04).

Acara diawali dengan penandatangan kontrak TPM yang disaksikan oleh Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Kepala Seksi OP, Kepala Satker OP, PPK OP II, serta PPK OP III. Dalam sambutannya, Kepala BWSS IV Kendari mengatakan bahwa P3-TGAI merupakan salah satu perwujudan program padat karya di Kementerian PUPR dan merupakan program unggulan di lingkup Balai Wilayah Sungai. Beliau juga berharap agar pelaksanaan P3-TGAI tahun ini dapat berjalan baik seperti tahun-tahun sebelumnya, khususnya di lingkup BWS Sulawesi IV Kendari dengan TPM sebagai salah satu ujung tombak untuk menyukseskan kegiatan tersebut.
Menutup sambutannya, beliau berpesan agar para TPM, TPB dan KMB selalu melaksanaan pekerjaan dengan amanah dan penuh tanggung jawab, serta selalu menerapkan protokol kesehatan; memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Kepala Satker OP BWS Sulawesi IV Kendari menambahkan, agar 133 TPM yang telah lulus seleksi dan mengikuti pelatihan dapat benar - benar membantu dalam pelaksanaan kegiatan P3-TGAI ini serta amanah dalam mengemban tugas yang diberikan agar hasil akhir dari pelaksanaan kegiatan P3-TGAI sesuai hasil yang diharapkan.

#KemenPUPR
#SigapMembangunNegeri
#DitjenSDA

Galeri Foto :