Kasubdit: Data Tidak Boleh Kosong, Petugas Harus Jujur

Berita Balai

image description
Penyerahan Penghargaan Kepada Bapak Abdul Manaf dari Pos AWLR Lhok Nibong Sebagai Penjaga Pos Terbaik

Banda Aceh -  Senin 3 September 2018, dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kompetensi penjaga pos hidrologi, Balai Wilayah Sungai Sumatera I mengadakan kegiatan Pelatihan Penjaga Pos Hidrologi AWLR. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta dalam melakukan tugas sebagai penjaga pos dan menambah wawasan mengenai manfaat dan pentingnya data air yang akurat. Kegiatan berlangsung selama dua hari di lokasi yang berbeda. Pemaparan materi dan diskusi berlangsung hari pertama di Hotel Grand Arabia, Blang Padang, Banda Aceh. Kunjungan lapangan dilakukan pada hari berikutnya, berlokasi di Pos AWLR Siron, Aceh Besar. Peserta yang hadir sebanyak 23 petugas pengamat tinggi muka air dari Pos AWLR (Automatic Water Level Recorder) seluruh Aceh. Materi disampaikan oleh Ibu Ir. Dasniari Pohan, M.T., Bapak Asri Syahrial, S.T., M.T., Bapak Amir Fauzi, S.T., Dipl.WRM., dan Bapak Husni, S.T.

"Unit hidrologi harus antisipasi jangan sampai data kosong, jika penjaga pos berhalangan untuk mendata harus diajarkan apa solusinya, yang terpenting adalah petugas jujur dan ikhlas dalam bekerja," ujar Kepala Sub Direktorat Hidrologi dan Lingkungan SDA, Dasniari Pohan saat memberikan materi pada kegiatan tersebut.

Petugas Penjaga Pos juga memaparkan kegiatan yang dilakukan setiap hari. Kegiatan dimulai pada pagi hari dengan mengoperasikan alat logger, membersihkan pos, memeriksa kesesuaian logger dengan peilschaal, dan mencatat data.

Dalam kegiatan juga dipaparkan bahwa pencatatan data tinggi muka air bukan hanya kegiatan harian tanpa tujuan. Data digunakan untuk dianalisa oleh pihak yang membutuhkan. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Amir Fauzi, data itu bisa digunakan untuk perencanaan bangunan air, pengaturan debit aliran dalam pengelolaan SDA, pengaturan distribusi air irigasi dan pertanian, informasi dasar untuk pengaturan biaya pengambilan air oleh industri, dan untuk studi atau penelitian ilmiah. Oleh karena itu data harus akurat agar tidak terjadi kesalahan perhitungan,  produk gagal, bahkan bencana dimasa yang akan datang.

Untuk meningkatkan kinerja dan semangat petugas, BWS Sumatera I memberikan penghargaan kepada Bapak Abdul Manaf dari Pos AWLR Lhok Nibong sebagai penjaga pos terbaik. (AM)

Berita

berita/adc037c4-b6dd-402a-a93e-02d8edf580af/1707815478.jpg

Pelatihan Petugas POS AWLR

tumbuhkan-rasa-cinta-kepuan-tk-putra-kunjungi-bws-sumatera-i-bwssum1.jpg

Tumbuhkan rasa cinta ke-PU-an, TK Putra Kunjungi BWS Sumatera I

pengumuman-pengusulan-lokasi-p3tgai-tahun-anggaran-2024-bwssum1.png

Pengumuman Pengusulan Lokasi P3-TGAI Tahun Anggaran 2024

6-balai-wilayah-aceh-di-bawah-kementrian-pupr-peringati-hari-bela-negara-ke75-bwssum1.jpg

6 Balai Wilayah Aceh di bawah Kementrian PUPR Peringati Hari Bela Negara ke-75

dialog-interaktif-konservasi-hulu-dalam-rangka-penanggulangan-banjir-bwssum1.jpeg

Dialog Interaktif: Konservasi Hulu dalam rangka Penanggulangan Banjir

menteri-basuki-bangun-lebih-banyak-bendungan-dan-lahirkan-inovasi-baru-bwssum1.jpeg

Menteri Basuki: Bangun Lebih Banyak Bendungan dan Lahirkan Inovasi Baru