Menteri Basuki: Bangun Integritas Lewat Pelatihan Bela Negara

Kementerian PU-PR

image description
Menteri Basuki: Bangun Integritas Lewat Pelatihan Bela Negara

Sukoharjo - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menutup penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara bagi PPK dan Pokja PBJ Kementerian PUPR Tahun 2022 di Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Jum'at (4/11/2022) sore.

"Saya ingin meninggalkan Kementerian PUPR tidak hanya sebagai kementerian yang membangun infrastruktur jalan tol, bendungan, dan bangunan. Lebih dari itu, saya ingin Kementerian PUPR menjadi organisasi yang kredibel dan dipercaya dengan orang-orang yang berintegritas dan kompeten. Salah satu cara membangun integritas lewat pelatihan bela negara ini," kata Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan pelatihan Bela Negara yang dilaksanakan akan menanamkan nilai – nilai kedisiplinan, militansi, dan nasionalisme bagi para CPNS Kementerian PUPR, sehingga menjadi motivasi dan penggerak dalam pelaksanaan tugas pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. 

"Kepada para insan PUPR yang telah mengikuti pelatihan Bela Negara di Kopassus, saya sangat mengharapkan hasilnya bermanfaat untuk melaksanakan tugas-tugas di Kementerian PUPR," tegas Menteri Basuki.

Menteri Basuki menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya, kepada Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto selaku Komandan Grup 2 Kopassus dan seluruh instruktur yang telah mendidik, menularkan jiwa patriotisme, jiwa juang, jiwa pantang menyerah kepada insan PUPR.

"Meskipun Grup 2 Kopassus bukan tempat pelatihan untuk warga sipil, namun hal itu tidak menjadi hambatan bagi instruktur dalam memberi materi yang sudah didesain sedemikian rupa menyesuaikan dengan batas kemampuan peserta pelatihan Bela Negara Kementerian PUPR," ujar Menteri Basuki.

Komandan Grup 2 Kopassus Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto mengatakan, pelatihan bela negara tersebut diikuti 170 peserta dengan 141 peserta pria dan 29 wanita. Pelatihan yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari 22 Oktober sampai 5 November 2022 dengan beberapa materi latihan yang diajarkan diantaranya Wawasan Kebangsaan, Pembinaan Motivasi, Proxy War, Beladiri MP, serta beberapa materi dasar militer lainnya.

"Kami memiliki tiga tahap pelatihan. Pertama, tahap kekosongan, untuk melihat latar belakang peserta. Kedua tahap pengisian, terakhir penanaman jiwa korsa. Kami kolaborasikan teknik penguatan fisik dan jiwa," kata Sabdono.

Dalam kesempatan ini, Menteri PUPR bersama Komandan Grup 2 Kopassus juga melakukan aksi demo ketangkasan. Menteri Basuki beraksi memecahkan balok beton, sedangkan Komandan Grup 2 Kopassus mematahkan besi.

 

Pembangunan Embung Kandang Menjangan

Usai menutup pelatihan bela negara, Menteri Basuki meninjau lokasi pembangunan Embung Kandang Menjangan yang masih di dalam komplek Markas Grup 2 Kopassus. 

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Maryadi Utama mengatakan, pembangunan embung tersebut telah dilaksanakan pada tahun 2021. "Pada tahun 2022 dilaksanakan perkuatan lereng embung," ujarnya.

Pembangunan embung pada tahun 2021 dilaksanakan dengan nilai kontrak Rp14,9 miliar. Embung ini memiliki kapasitas tampung sebesar 125.000 m3 seluas 2,69 hektar. 

Hadir dalam acara, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Inspektur Jenderal T Iskandar, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna, Dirjen Bina Konstruksi Yudha Mediawan, dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Khalawi Abdul Hamid dan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Rachman Arief Dienaputra. (Jay)

Source: pu.go.id

Berita

berita/adc037c4-b6dd-402a-a93e-02d8edf580af/1707815478.jpg

Pelatihan Petugas POS AWLR

tumbuhkan-rasa-cinta-kepuan-tk-putra-kunjungi-bws-sumatera-i-bwssum1.jpg

Tumbuhkan rasa cinta ke-PU-an, TK Putra Kunjungi BWS Sumatera I

pengumuman-pengusulan-lokasi-p3tgai-tahun-anggaran-2024-bwssum1.png

Pengumuman Pengusulan Lokasi P3-TGAI Tahun Anggaran 2024

6-balai-wilayah-aceh-di-bawah-kementrian-pupr-peringati-hari-bela-negara-ke75-bwssum1.jpg

6 Balai Wilayah Aceh di bawah Kementrian PUPR Peringati Hari Bela Negara ke-75

dialog-interaktif-konservasi-hulu-dalam-rangka-penanggulangan-banjir-bwssum1.jpeg

Dialog Interaktif: Konservasi Hulu dalam rangka Penanggulangan Banjir

menteri-basuki-bangun-lebih-banyak-bendungan-dan-lahirkan-inovasi-baru-bwssum1.jpeg

Menteri Basuki: Bangun Lebih Banyak Bendungan dan Lahirkan Inovasi Baru