Perlu Adanya Kerja Sama Untuk Pertukaran Informasi SIH3

Berita Balai

image description
Sidang III TKPSDA Wilayah Sungai Woyla Batee Tahun 2017

Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 mengadakan acara sidang III TKPSDA Wilayah Sungai Woyla Batee pada tanggal 30 November 2017 di Hotel Kyriad Muraya Banda Aceh. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak T. Bustamam, ST, MT selaku Kabid sarana dan prasarana Bappeda Aceh, Bapak Ir. HM. Supriatno, ST, MT selaku Kabid OP Dinas Pengairan Aceh, Ibu Yusvira Syah Putri, ST, MT selaku kasie OP Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 dan 39 orang yang merupakan anggota TKPSDA Wilayah Sungai Woyla Batee. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin TKPSDA Wilayah Sungai Woyla Batee yang dilaksanakan selama 4 kegiatan dalam 1 tahun.

Sidang kali ini bertujuan untuk menyusun matrik tindak lanjut kebijakan dan strategi serta matrik rencana aksi pengelolaan Sistem Informasi Hidrologi, Hidrogeologi dan Hidrometeorologi (SIH3) pada Wilayah Sungai Woyla Batee.

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Aceh selaku ketua TKPSDA Wilayah Sungai Batee yang diwakilkan oleh Bapak T. Bustamam, ST, MT mengajak semua anggota TKPSDA Wilayah Sungai Batee untuk memahami bagaimana cara pengelolaan SIH3 yang baik dan benar.

SIH3 merupakan suatu bentuk sistem pengelolaan data dan informasi publik terkait keberadaan air. Sistem pengelolaan air berdasarkan keberadaan air dibumi yaitu air di atmosfir (hidrometeorologi), air di permukaan bumi (hidrologi) dan air dibawah permukaan bumi (hidrogeologi). Pengelolaan hidrologi dalam pelaksanaannya melibatkan pemerintah yang bertanggung jawab atas informasi dan data pendukung. Diantranya Dinas Pengairan, BWSS1, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dan BMKG. Pengelolaan sistem ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi tentang SIH3 pada Wilayah Sungai Wolya Batee.

Sidang ini menghasilkan matrik tindak lanjut kebijakan dan strategi serta matrik rencana aksi pengelolaan SIH3 dan rekomendasi-rekomendasi untuk TKPSDA WS Woyla Batee diantaranya membangun jejaring pengelolaan SIH3 berbasis wilayah sungai, kesepakatan kerja sama dalam pertukaran dan berbagi data serta sosialisasi kepada masyarakat.

 

Berita

berita/39485e85-a222-4c68-a5ab-f4faac8597e5/1709177472.jpg

Sidang I TKPSDA WS Aceh Meureudu Periode III Tahun 2024

berita/adc037c4-b6dd-402a-a93e-02d8edf580af/1707815478.jpg

Pelatihan Petugas POS AWLR

tumbuhkan-rasa-cinta-kepuan-tk-putra-kunjungi-bws-sumatera-i-bwssum1.jpg

Tumbuhkan rasa cinta ke-PU-an, TK Putra Kunjungi BWS Sumatera I

pengumuman-pengusulan-lokasi-p3tgai-tahun-anggaran-2024-bwssum1.png

Pengumuman Pengusulan Lokasi P3-TGAI Tahun Anggaran 2024

6-balai-wilayah-aceh-di-bawah-kementrian-pupr-peringati-hari-bela-negara-ke75-bwssum1.jpg

6 Balai Wilayah Aceh di bawah Kementrian PUPR Peringati Hari Bela Negara ke-75

dialog-interaktif-konservasi-hulu-dalam-rangka-penanggulangan-banjir-bwssum1.jpeg

Dialog Interaktif: Konservasi Hulu dalam rangka Penanggulangan Banjir