© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Berita Balai

BBWS Serayu Opak
BBWS Serayu Opak Peringati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah
BBWS Serayu Opak Peringati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 Masehi, BBWS Serayu Opak melaksanakan penyembelihan hewan kurban sejumlah 7 (tujuh) ekor sapi di kantor Yogyakarta pada Rabu (21/7). Selain itu, penyembelihan hewan kurban juga dilaksanakan di kantor Gombong. Proses penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah mendapat izin dari instansi terkait serta dilaksanakan dengan prosedur protokol kesehatan yang ketat, termasuk pelaksanaan tes SWAB antigen kepada panitia kurban.

Dalam sambutannya, Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro berharap bahwa perayaan Hari Raya Idul Adha tidak hanya dimaknai sebagai prosesi penyembelihan hewan kurban saja. Lebih dari itu, Idul Adha menjadi momentum bagi segenap pegawai BBWS Serayu Opak untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan solidaritas. Serta, menjadi sarana mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dwi Purwantoro juga berpesan kepada para panitia untuk melaksanakan kurban dengan hati-hati dan menjaga protokol kesehatan. Pembagian daging kurban juga harus dilakukan dengan cermat agar tidak terjadi kerumunan. Pembagian daging kurban selain diberikan kepada pegawai BBWS Serayu Opak yang berhak menerima, juga didistribusikan ke beberapa masjid, termasuk ke daerah Gunung Kidul.

23 Juli 2021 Selengkapnya

BWS Sulawesi II
Pangdam XIII/Merdeka Kunjungan Kerja Ke Danau Limboto
Pangdam XIII/Merdeka Kunjungan Kerja Ke Danau Limboto

DISCLAIMER: Artikel ini milik rekamfakta.com dan disadur untuk keperluan arsip berita. >>Permalink<<

Rekamfakta.com, Kabupaten Gorontalo – Terkait dengan Kerjasama TNI dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) II tentang penanganan Danau Limboto, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti W.F. Mamahit, M.Si bersama Danrem 133/NW Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, M.A. melaksanakan peninjauan dalam rangka pembuatan pemetakan Eceng Gondok, bertempat di Danau Limboto Kelurahan Buhu, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Rabu (21/07/2021).

Setiba di Danau Limboto Pangdam XIII/Merdeka beserta rombongan disambut oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi MT dalam rangka meninjau Pekerjaan Sewakelola Operasi Pemeliharaan Rutin Danau Limboto. Kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Kasiter Korem 133/NW Kolonel Inf Marthen Pasunda.S.Sos, tentang Teknis Pemeliharaan Rutin Danau Limboto TA. 2021.

Dalam paparannya, Kasiter Korem 133/NW menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut dengan memberikan gambaran tentang rencana Teknis Pelaksanaan Pekerjaan Pemeliharaan Danau Limboto, kerjasama Kementriaan PUPR dengan TNI-AD dan mendapatkan sasaran masukan guna kelancaran dan kesuksesan kegiatan pemeliharaan Danau Limboto hasil kerja sama BWS Sulawesi II Gorontalo dengan Korem 133/NW.

“Pembuatan patok pembatas area pekerjaan yang ujungnya diberi bendera sebagai penanda, membuat pagar bambu dengan ukuran 100 meter x 100 meter sebagai tempat area pengangkatan eceng gondok, membuat tempat area pembuangan/penempatan eceng gondok dibagian luar area pengangkatan eceng gondok dengan ukuran 5 meter x 100 meter dengan cara bambu-bambu dipancang dengan bantuan excavator membentuk pagar yang diberi jarak 5 meter antara bambu, setelah itu dipasangi bambu melintang dengan cara diikatkan ke pancangan bambu agar eceng gondok tidak mudah keluar, ikatan bambu dibuat longgar agar bisa mengikuti naik turunnya muka air danau, eceng gondok yang ada di dalam area pengangkatan dipindahkan ke area pembuangan menggunakan excavator, perahu, maupun tenaga manual,” pungkas Kasiter.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Wanti W.F. Mamahit, M.Si, Danrem 133/NW Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, M.A., Kasrem 133/NW Kolonel Inf Rudy Jayakarta Runtunewe, S.I.P., Asintel Kasdam XIII/Mdk Kolonel Inf Ignatius Wiwoho, S.I.P., Danpomdam XIII/Mdk Kolonel Cpm Raden Tri Cahyo, Para Kasi Korem 133/NW, Dandim 1314/Gorut Letkol Czi Embi Triono.ST.M.Si.

(0N4L/RF)

23 Juli 2021 Selengkapnya

BBWS Cimanuk Cisanggarung
BBWS Cimanuk Cisanggarung Ajak Masyarakat Bijak Mengelola Sampah Melalui Cimancis Mendengar
BBWS Cimanuk Cisanggarung Ajak Masyarakat Bijak Mengelola Sampah Melalui Cimancis Mendengar

BBWS Cimancis mengadakan acara rutinan “Cimancis Mendengar” yang mengangkat tema Pemberdayaan Sampah Desa pada Jum’at (16/07/2021). Acara Cimancis Mendengar kali ini dihadiri oleh seluruh Kepala Desa Kabupaten Cirebon, Brebes, dan Kuningan, Komunitas Peduli Sungai (KPS) Sanggar Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, dan para pejabat di lingkungan BBWS Cimanuk Cisanggarung.

Sampah merupakan satu masalah yang tidak bisa dihindari dari kehidupan masyarakat yang tentunya tidak bisa terlepas dari kurangnya edukasi mengenai penanggulangan sampah. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab bersama

Anggota salah satu Komunitas Peduli Sungai, Kustiadi dari Sanggar Lingkungan Hidup (SLH) menyatakan bahwa di tahun 2018 tepatnya di Desa Cibeureum Kab. Kuningan SLH berhasil menerapkan edukasi kepada masyarakat akan kesadaran membuang sampah, memisahkan sampah yang bisa didaur ulang, sampai dengan cara efektif mengelola sampah menjadi sumber penghasilan.

Dengan dilaksanakannya Cimancis Mendengar kali ini, diharapkan bisa mengedukasi masyarakat untuk bijak mengelola sampah. Dan tentunya hal tersebut bisa berdampak baik bagi kelestarian alam terutama menjaga ekosistem sumber daya air.

23 Juli 2021 Selengkapnya

BBWS Bengawan Solo
BBWS Bengawan Solo Bagikan 150 Paket Sembako dan Daging Kurban Kepada Masyarakat
BBWS Bengawan Solo Bagikan 150 Paket Sembako dan Daging Kurban Kepada Masyarakat

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo menyalurkan 150 paket sembako dan daging hewan kurban dalam momen Iduladha 1442 H kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19, Kamis (22/7). Pembagian paket sembako dan daging kurban langsung ke warga yang merupakan salah satu bentuk kepedulian BBWS Bengawan Solo untuk membantu warga yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19. Target sasaran penerima bantuan paket sembako mulai dari fakir miskin, kaum duafa hingga pekerja tidak tetap yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi virus corona atau Covid-19. Kepala BBWSBS, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., disela kegiatan pembagian paket sembako menyampaikan kepada beberapa warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19. “Kami mengantar bantuan paket sembako dan daging hewan kurban langsung ke warga. Jangan sampai bantuan ini, salah sasaran dan semoga dapat meringankan beban masyarakat yang terimpit ekonominya akibat pandemi Covid-19. Paket sembako dan daging hewan kurban ini, kami berikan untuk kaum duafa, warga lansia, penjaga makam, penyapu sampah, buruh gendong di pasar, dan lainnya” kata Agus. Saat membagikan bantuan paket sembako dan daging hewan kurban, Agus juga mengedukasi masyarakat agar mengencangkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Masyarakat diminta memakai masker saat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, masyarakat diminta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air, jaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. “Jangan sampai warga yang menerima paket sembako dan daging hewan kurban ini berkerumun. Sebisa mungkin kita tetap melaksanakan pembagian sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya. Seorang penerima bantuan paket sembako, Darmadi, mengucapkan terima kasih kepada BBWS Bengawan Solo yang telah memberikan paket sembako dan daging hewan kurban. Darmadi bekerja sebagai sukarelawan pengatur lalu lintas (Supeltas) dengan penghasilan tak menentu. “Penghasilan saya tidak menentu, Alhamdulilah masih ada banyak orang yang memperhatikan nasib masyarakat kecil yang terdampak pandemi Covid-19,” katanya. (BBWSBS/Tamara)

22 Juli 2021 Selengkapnya

BWS Sumatera V
Pemotongan Hewan Qurban Idul Adha 1442 H di BWS S V Padang
Pemotongan Hewan Qurban Idul Adha 1442 H di BWS S V Padang

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Hari Raya Idul Adha 1442 H yang bertepatan dengan 20 Juli 2021 Tahun ini masih dilaksanakan dalam suasana Pandemi Covid-19. Bahkan beberapa waktu sebelumnya Kota Padang sempat melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) , namun hal itu tidak menyurutkan langkah BWS Sumatera V Padang dalam melaksanakan pemotongan hewan Qurban seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja seluruh rangkaian kegiatan pemotongan hewan Qurban sarat dengan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Bertempat di Workshop Kantor BWS S V Padang Alai Parak Kopi, hari ini (21/07) sebanyak 3 (tiga) ekor Sapi ditumbangkan sebagai wujud pelaksanaan Hari raya Idul Adha yang ditandai dengan penyembelihan hewan qurban yang dilakukan untuk mengingatkan umat islam terhadap pengorbanan Nabi Ibrahim. Idul Adha sejatinya juga bermakna sebagai bentuk perjuangan rangkaian ibadah haji di tanah suci serta bernilai saling berbagi. Tak lupa selain diperuntukkan bagi Karyawan dan Karyawati BWS S V Padang, daging Qurban seperti biasanya juga dibagikan untuk warga sekitaran kantor dan beberapa panti asuhan di Kota Padang. Panti Asuhan Puti Bungsu, Panti Asuhan Syafri Moesa, dan Panti Anak Mentawai Purus Padang.

Penyembelihan hewan Qurban juga disaksikan oleh Kepala BWS S V Padang, Dian Kamila,ST,MT beserta Para Pejabat Struktural dan PPK. Setelah di sembelih ketiga hewan Qurban ini kemudian dipotong, dibersihkan, dan diangkut ke Kantor Khatib Sulaiman dan siap dibagikan siang hari nanti. Melalui semangat Idul Adha BWS Sumatera V Padang juga menyuarakan semangat untuk berbagi, saling mengasihi dan berwaspada akan bahaya pandemi Covid-19 yang terus mengintai. Untuk itu menjaga Protokol Kesehatan merupakan kewajiban kita semua. Selamat hari Raya Idul Adha 1442 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. (humas)

21 Juli 2021 Selengkapnya

BBWS Citarum
Pelaksanaan Kurban di Lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum
Pelaksanaan Kurban di Lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum

Pelaksanaan Kurban di Lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Ibadah berkurban sejatinya merupakan nilai-nilai pengorbanan dan perjuangan yang dirisalahkan oleh nabi Ibrahim AS dan putranya nabi Ismail AS. Ketaatan dan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT wajib kita teladani bersama. Dalam kondisi pandemi saat ini berkurban mengajarkan kita untuk dapat berbagi kepada sesama, serta meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Hari ini, Rabu 21 Juli 2021 bertempat di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Citarum diselenggarakan penyembelihan hewan kurban yang diawali sambutan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Ir. Anang Muchlis, Sp.PSDA.

Selain di kantor BBWS Citarum, hewan kurban juga disebar di beberapa lokasi yang sudah diserahkan pada hari kemarin Selasa 20 Juli 2021.

Semoga ibadah kurban ini dapat menjadi berkah dan rahmat bagi kita semua.

Pelaksanaan Kurban di Lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum

21 Juli 2021 Selengkapnya

BWS Sumatera II
Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban BWS Sumatera II
Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban BWS Sumatera II

[caption id="attachment_2650" align="aligncenter" width="1050"] PPK Ketatalaksanaan Bapak Eldi Candra, S.T., memberikan secara simbolis daging kurban BWS Sumatera II[/caption] BWS SUMATERA II - Selasa (20/07) Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun 2021, Balai Wilayah Sungai Sumatera II ikut melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di Halaman Belakang Balai Wilayah Sungai Sumatera II. PPK Ketatalaksanaan Bapak Eldi Candra, S.T., menuturkan kegiatan kurban tahun ini dilakukan untuk sama-sama merayakan Idul Adha dan sama-sama berbagi kepada seluruh pegawai di Balai Wilayah Sungai Sumatera II. Dalam penyembelihan tahun ini terdapat satu ekor domba dan dua ekor sapi yang nantinya akan didistribusikan kepada seluruh pegawai Balai Wilayah Sungai Sumatera II, baik ASN, Non ASN, Petugas Kebersihan dan Satpam. Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II Bapak Maman Noprayamin, S.T., M.T., menyampaikan meskipun saat ini kegiatan sedang dibatasi dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H. karena masih masa pandemi, diharapkan semoga hati dan keikhlasan kita tidak terbatas dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pendistribusian daging kurban tetap mengikuti Protokol Kesehatan dimana jadwal pengambilan daging kurban sudah diatur, sehingga Protokol Kesehatan tetap dapat dijalankan dengan ketat.

20 Juli 2021 Selengkapnya

BWS Sulawesi II
BPKP DAN SEKDA BONE BOLANGO Kunjungi Lokasi Pembangunan Bendungan Bulango Ulu
BPKP DAN SEKDA BONE BOLANGO Kunjungi Lokasi Pembangunan Bendungan Bulango Ulu

Kab. Bone Bolango (Jumat,19/07/2021) Beberapa upaya dilakukan oleh Kementerian PUPR untuk menanggulangi kendala-kendala banjir serta kekeringan yang dihadapi masyarakat khususnya Kab. Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kab. Gorontalo untuk kedepan. Salah satunya dengan di laksanakan Proyek Pekerjaan Pembangunan Bendungan Bulango Ulu yang berada di Kab. Bone Bolango. Melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo Pekerjaan tersebut adalah salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Gorontalo, direncanakan akan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang sesuai arahan Presiden melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktur Jenderal Sumber Daya Air.

Didampingi Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi, M.T., Kepala BPKP Raden Murwantara beserta jajaran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo serta Sekretaris Daerah Kab. Bone Bolango Ishak Ntoma melakukan monitoring langsung kegiatan fisik di lokasi pekerjaan yang berada di Desa Tuloa Kec. Bulango Utara Kab. Bone Bolango.

Dalam arahannya Kepala BPKP menyampaikan bahwa pekerjaan ini adalah Proyek Srategis Nasional dimana proyek ini memiliki sifat strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga target pekerjaan yang di perhitungkan hingga 2023 nanti harus terealisasi sesuai waktu tersebut, jika terdapat kendala pihak BWS Sulawesi II Gorontalo harus sigap melakukan koordinasi baik ke pusat maupun perangkat daerah.

Dalam kunjungan lapangan kepala balai menjelaskan, untuk saat ini progres pekerjaan Bendungan Bulango Ulu adalah Pembangunan Jembatan dan Jalan untuk akses kelokasi pembangunan, Relokasi Jalan, Diversion Tunnel di outlate, Gudang Handak untuk Material Blasting, Sandaran Kanan dan Sandaran Kiri Tubuh Bendungan, Soil Investigasi dan Pengetesan Laboratorium material yang digunakan.

19 Juli 2021 Selengkapnya

BWS Sumatera V
Vaksinasi Covid-19 Dilingkungan PU Pulau Punjung Telah Dilaksanakan
Vaksinasi Covid-19 Dilingkungan PU Pulau Punjung Telah Dilaksanakan

 "Sigap Vaksinasi, Sigap Membangun Negeri" tagline yang dirilis oleh Kementerian PUPR baru baru ini menjadi salah satu acuan bagi BWS Sumatera V Padang untuk melakukan Vaksinasi di Kantor Pekerjaan Umum Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jika sebelumnya Kantor BWS  S V Padang telah melaksanakan Vaksin pertama dan kedua pada bulan April dan Mei lalu, kini giliran Kantor SNVT PJPA Batanghari Pulau Punjung yang melaksanakan Vaksin pada Sabtu(17/07).

Kegiatan Vaksinasi ini ditujukan untuk para pegawai beserta keluarga dan warga komplek Sedasi Pulau Punjung yang berjumlah hampir 60 orang. Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 berlangsung tertib, taat protokol dan lancar berkat kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya yang pada vaksinasi ini  ditangani oleh Puskesmas Sialang Kenagarian Sungai Kambut Kab. Dharmasraya.

Berdasarkan hasil screening oleh pihak puskesmas Vaksinasi Covid-19 diberikan kepada hampir seluruh peserta vaksinasi yang terdaftar, yaitu sebanyak 50 orang. Sisanya belum dapat diberikan vaksin karena alasan medis masing-masing pasien. Melindungi diri dan keluarga dari Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama, dan upaya mewujudkan Kementerian PUPR yang sehat dan produktif melalui Vaksinasi Covid-19. Kedepannya kita berharap agar situasi dan kondisi dapat berangsur pulih dan roda perekonomian kembali dapat bergerak normal seperti sedia kala. (humas)

18 Juli 2021 Selengkapnya