Kunjungan Civitas Akademika Politeknik Negeri Malang


Kategori : Berita SDA

07 Juli 2022, 12:00:00


Kunjungan Civitas Akademika Politeknik Negeri Malang

Foto : Kunjungan Civitas Akademika Politeknik Negeri Malang


Bandung – Direktorat Bina Teknik SDA menerima kunjungan civitas akademika dari Politeknik Negeri Malang yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil berjumlah 285 orang pada 6 Juli 2022.

 

Direktorat Bina Teknik SDA yang mempunyai fungsi salah satunya untuk melaksanakan diseminasi dan kerja sama pembinaan teknik sumber daya air bertugas untuk melakukan bimbingan teknis bidang sumber daya air baik untuk internal Direktorat Jenderal Sumber Daya Air maupun eksternal seperti perguruan tinggi, praktisi maupun masyarakat sumber daya air.  Berdasarkan fungsi tersebut juga,

 

Acara kunjungan tersebut dibuka oleh Kepala Subdirektorat Teknologi dan Peralatan Infrastruktur SDA, Nur Fizili Kifli, mewakili Direktur Bina Teknik SDA. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan yang mempunyai peranan penting dalam pembangunan infrastruktur yang saat ini merupakan prioritas utama di Indonesia. Pada kesempatan yang sama juga disampaikan presentasi tentang perkembangan laboratorium yang menunjang penyelenggaraan pembangunan infrastruktur sumber daya air oleh Prof. Eko Winar Irianto sebagai fungsional utama di Direktorat Bina Teknik SDA. Sementara itu Ririn Rimawan sebagai pengelola Laboratorium Geoteknik dan Hidraulik menyampaikan juga terkait layanan yang ada di Laboratorium Balai Hidraulik dan Geoteknik Keairan.

 

Laboratorium Balai Hidraulik dan Geoteknik Keairan merupakan salah satu laboratorium terpercaya di Indonesia terutama untuk uji model hidraulik fisik 3D dan 2D layak untuk menjadi acuan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Uji model hidraulik fisik 3D dan 2D di Balai Hidraulik dan Geoteknik yang dibina oleh Direktorat Bina Teknik SDA telah menjadi dasar desain sebagian besar bendungan besar di Indonesia. Ketertarikan Politeknik Negeri Malang terhadap manajemen dan uji laboratorium tersebut disampaikan secara langsung oleh Achendri M. Kurniawan sebagai perwakilan dosen Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang, untuk meningkatkan wawasan mahasiswa khususnya jurusan Teknik Sipil.

 

Kunjungan dengan tema Study Excursie Civil Engineering State Polytechnic of Malang 2022 tersebut diakhiri dengan meninjau langsung proses uji model hidraulik fisik 3D dan 2D pada beberapa bendungan di Gedung Laboratorium Hidraulika, Balai Hidraulik dan Geoteknik Keairan di Bandung (nan).

 

Bagikan :