Lomba Kinerja Petugas O&P Irigasi Teladan Tingkat Nasional Tahun 2022


Kategori : Berita SDA

03 September 2022, 17:00:00


Gubernur Sulawesi Selatan dan Direktur O&P mendampingi para pemenang Lomba Petugas O&P Irigasi

Foto : Gubernur Sulawesi Selatan dan Direktur O&P mendampingi para pemenang Lomba Petugas O&P Irigasi


Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melalui Direktorat Operasi dan Pemeliharaan (O&P) mengadakan Lomba Kinerja Petugas O&P Irigasi Teladan Tingkat Nasional Tahun 2022. Lomba ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja dan kompetensi para Petugas O&P Daerah Irigasi Permukaan dan Daerah Irigasi Rawa oleh Pemerintah, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan irigasi permukaan dan irigasi rawa.

Seleksi Tahap I yang berisi penilaian video dan paparan dan seleksi Tahap II berupa penilaian kinerja lapangan telah diselenggarakan pada awal Agustus lalu. Dalam penilaian kerja lapangan tersebut, dewan juri melakukan visitasi ke kantor pengamat untuk validasi data administrasi, visitasi ke titik lokasi penilaian dan diskusi pengelolaan wilayah kerja.

“Penilaian kinerja lapangan tersebut tentunya merupakan pembuktian terhadap apa yang telah disampaikan pada Seleksi Tahap I dan menjadi indikator penting dalam penilaian akhir,” ujar Direktur Operasi dan Pemeliharaan, Adenan Rasyid, dalam acara pengumuman hasil penilaian lomba yang berlangsung pada 3 September 2022 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang, serta para peserta dan pendamping dari masing-masing provinsi dalam Tahap II Penilaian Kompetensi.

Adenan menyebutkan jumlah Petugas O&P Irigasi Permukaan yang diseleksi sebanyak 29 peserta dan Petugas O&P Irigasi Rawa sejumlah 8 peserta. Dari hasil penilaian Tahap I menghasilkan 3 peserta terbaik dari masing-masing kategori.

“Melalui seluruh rangkaian lomba, mulai dari Seleksi Tahap I dalam rangka mencari nominasi terbaik di tingkat wilayah, dilanjutkan pada Seleksi Tahap II yaitu penilaian kinerja lapangan hingga penilaian kompetensi yang baru saja selesai, para pengamat telah menunjukkan kinerja terbaiknya selama bertugas serta memperoleh tambahan pemahaman terhadap tugas dan perannya dalam mengelola daerah irigasi permukaan dan daerah irigasi rawa di lapangan,” ucap Adenan.

Berdasarkan hasil penilaian hingga seleksi akhir Tahap II Penilaian Kompetensi, 3 juara terbaik Petugas O&P Irigasi Teladan Tingkat Nasional Tahun 2022 dari masing-masing kategori diraih oleh:

 

Kategori Irigasi Permukaan:

Terbaik 1: Sutrisno – Jawa Timur

Terbaik 2: Muhammad Saleh – Sulawesi Selatan

Terbaik 3: Umar Budiono – Lampung

 

Kategori Irigasi Rawa:

Terbaik 1: Sugiyanto – Kalimantan Tengah

Terbaik 2: Ahmad Riyadi – Sumatera Selatan

Terbaik 3: Suharto – Kalimantan Selatan

Keenam juara selanjutnya akan ditetapkan sebagai Pengamat Teladan Tingkat Nasional melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang akan diumumkan pada pelaksanaan Hari Bakti PU, 3 Desember 2022 mendatang.

Sejalan dengan Kebijakan OPOR (Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi) dari Menteri PUPR terhadap infrastruktur, dalam hal ini infrastruktur irigasi, Adenan menekankan bahwa mutlak perlu dilakukan ‘Optimalisasi’ dengan menginventarisasi dan mengevaluasi bangunan dan jaringan yang ada, untuk dapat memberikan manfaat secara maksimal. Selanjutnya, ‘Pemeliharaan’, mengingat bangunan dan jaringan irigasi yang ada saat ini banyak yang memerlukan pemeliharaan dari yang ringan hingga rehabilitasi. ‘Operasi’ sebagai kegiatan utama harus dilaksanakan secara kontinu dan berorientasi pelayanan. Terakhir, untuk bangunan dan jaringan yang dalam kondisi rusak hingga rusak berat dan tidak berfungsi perlu ‘Rehabilitasi’ untuk dapat dikembalikan fungsinya, sehingga dapat kembali melayani pemberian air irigasi. (ersytra-KompuSDA)

 

Bagikan :