|
TKPSDA WS SADDANG KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT

Kilas informasi (1) :

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Membuka Acara Sarasehan Komunitas Peduli Sungai dan Kanal di Makassar

  • tag  direktur bina op
Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Membuka Acara Sarasehan Komunitas Peduli Sungai dan  Kanal di Makassar


8 Mei 2017

Makassar, Sulsel - PPK OP SDA II BBWS Pompengan Jeneberang menyelenggarakan Sarasehan komunitas Peduli Sungai yang bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya sikap peduli atas keberadaan Air sebagai sumber utama bagi Kehidupan Makhluk Hidup, Bertempat di Hotel D' maleo, 8/05/17 di 
Kota Makassar

Kepala Balai Besar WS Pompengan Jeneberang, Ir. Agus Setiawan, Dipl. HE menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyelenggaraan acara ini dalam rangka pelaksanaan program Kegiatan Pemberdayaan Teknis/ Fasilitasi Pertemuan Masyarakat Peduli Sungai pada BBWS Pompengan Jeneberang. Selain itu juga dirangkaikan dengan kegiatan Peresmian Taman Baca Kanal di Kanal Panampu dan Pelepasan Peserta Susur Sungai Tallo yang diikuti oleh 50 peserta dari Komunitas peduli sungai dan kanal dan dari perguruan tinggi, UNHAS dan UNISMUH.

“Kegiatan sarasehan ini bertujuan untuk membangun kesepahaman serta komitmen semua pihak di dalam pengelolaan sumber daya air dan pemberdayaan masyarakat peduli sungai, serta untuk membangun kebersamaan dan solidaritas dalam gerakan peduli sungai dan kanal di Sulawesi Selatan”, jelas Agus Setiawan.

Beliau melanjutkan dalam kaitan tersebut, saya mengharapkan para peserta sekalian untuk dapat memberikan masukan pada acara sarasehan ini, khususnya dari para komunitas peduli sungai dan kanal dapat memberikan masukan untuk mengatasi dampak dari kerusakan lingkungan dan melestarikan kembali sungai dan kanal serta penyelamatan sumber air kita.

“Seiring dengan hal tersebut, Kepada seluruh peserta Sarasehan ini saya ucapkan selamat mengikuti acara ini, Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan langka yang baik  dalam upaya untuk mewujudkan Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Air, dan menjadi langkah awal dari berbagai rencana kegiatan di tahun tahun mendatang, Serta diharapkan muncul suatu kesadaran kolektif  sekaligus tindakan korektif dalam membenahi Sungai dan Kanal  dan mempertahankan lingkungan yang sudah tertata dengan baik. Acara ini dirangkaikan dengan Peresmian Taman Baca Kanal Pannampu dan pelepasan Susur Sungai Tallo,” harap Agus Setiawan mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Ir. Agung Djuhartono, CES mengatakan Pengelolaan sumber daya air dan ketahanan pangan selama ini memang merupakan salah satu tantangan utama yang selalu kita hadapi. Dimana Perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global telah berdampak pada cuaca, termasuk perubahan pada pola suhu udara, curah hujan, dan aliran sungai yang menyebabkan banjir, kekeringan, dan gelombang panas yang menimbulkan dampak lanjutan seperti kebakaran dan kemarau yang ekstrem. Dan adaptasi merupakan upaya kita untuk menyesuaikan diri terhadap dampak negatif perubahan iklim tersebut. Melestarikan sumber air dengan kegiatan menanam pohon adalah salah satu kegaiatan yang harus terus dilakukan agar kelangsungan sumber air dan siklus hidrologi tetap terjaga.

“Guna mengantisipasi permasalahan tersebut, nampak jelas bahwa salah satu upaya mendukung Pelestarian Sumber Daya Air dengan melakukan kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini hingga dua hari ke depan oleh Komunitas Peduli Sungai dengan melakukan Susur Sungai Tallo”, lanjut Agung.

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan juga mengharapkan dengan acara ini kita berharap dapat membangun kebersamaan dan solidaritas dalam gerakan peduli sungai dan kanal untuk menyelamatkan sumber air di Indonesia dan khususnya di Sulawesi Selatan.

“Sebelum mengakhiri sambutan saya, perkenankanlah saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, BBWS Pompengan Jeneberang, serta komunitas peduli sungai dan kanal yang telah bersama-sama dengan Kementerian PUPR menyelenggarakan sarasehan ini. Saya ucapkan selamat mengikuti acara ini, mudah-mudahan kegiatan ini merupakan langkah yang baik dalam upaya kita untuk mewujudkan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya air ke depannya”, ucap Agung mengakhiri sambutannya dan membuka secara resmi acara Kegiatan Pemberdayaan Teknis/Fasilitasi Pertemuan Masyarakat Peduli Sungai pada BBWS Pompengan Jeneberang.

Turut hadir dalam Acara ini Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Selatan, Para PPK di lingkup Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang serta para Komunitas Masyarakat peduli Sungai dan Kanal Sulawesi Selatan.

Setelah membuka acara Sarasehan Masyarakat Peduli Sungai, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian PUPR selanjutnya meresmikan Taman Baca Kanal di Kanal Pannampu. Keesokan harinya dilaksanakan susur sungai Tallo yang diikuti Komunitas Masyarakat Peduli Sungai & Kanal, Perguruan Tinggi (Unhas & Unismuh) serta instansi terkait. (Unit Pemberitaan & Media Cetak TKPSDA)

Berita Terkait :

© Copyright (c) 2017 Unit Pemberitaan TKPSDA WS Saddang All rights reserved