FAQ


  27 August 2019 | Admin




1.     Apa definisi Wilayah Sungai?

Wilayah Sungai (WS) adalah kesatuan wilayah pengelolaan sumber daya air dalam satu atau lebih daerah aliran sungai dan/atau pulau-pulau kecil yang luasnya kurang dari atau sama dengan 2.000 km2­­.

2.     Apa Pengertian Daerah Irigasi?

Daerah Irigasi (DI) adalah kesatuan lahan yang mendapat air dari satu jaringan irigasi.

3.     Apa perbedaan Bendungan dan Bendung?

Bendungan adalah bangunan yang berupa urugan tanah, urugan batu, beton, dan/atau pasangan batu yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat pula untuk menahan dan menampung limbah tambang (tailing) atau menampung lumpur sehingga terbentuk waduk. Sedangkan bendung adalah struktur bendungan berkepala rendah, yang berfungsi untuk menaikkan muka air, biasanya terdapat di sungai.

4.     Apa yang dimaksud dengan Embung dan Embung rakyat?

Embung adalah bangunan konservasi air berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpasan serta sumber air lainnya untuk mendukung usaha pertanian, perkebunan, peternakan dan rumah tangga. Embung Rakyat adalah embung yang dibangun di lahan masyarakat yang dikelola dan dimanfaatkan oleh kelompok masyarakat.

5.     Apa definisi Air Baku?

Air baku adalah Air yang berasal dari sumber air permukaan, cekungan air tanah dan atau air hujan yang memenuhi ketentuan baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum.

6.     Apa yang dimaksud dengan Cekungan Air Tanah?

CAT merupakan suatu wilayah yang dibatasi oleh batas hidrogeologis tempat semua kejadian hidrogeologis seperti proses pengimbuhan, pengaliran dan pelepasan air tanah.



Tags : Faq