Slide 1

Berita Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy > AIR BAKU BALOKANG PATROL DEMI PENYEDIAAAN AIR BERSIH DI KOTA BANJAR


Senin, 14 September 2020, Dilihat 79 kali

Komunikasi Publik BBWS Citanduy

Pada tahun 2014 Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy melaksanakan paket pekerjaan Pembangunan Prasarana Pengambilan dan Saluran Pembawa Air Baku Balokang Patrol (0.100 m3/detik) di Kota Banjar. Pembangunan Prasarana Pengambilan dan Saluran Pembawa Air Baku tersebut merupakan tindak lanjut usulan Wali Kota Banjar kepada Kementrian Pekerjaan Umum pada tahun 2012 dalam rangka penyediaaan air bersih di Kota Banjar. Dalam usulannya Pemerintah Kota Banjar telah menyiapkan Perencanaan Teknis dan lahan di Desa Jajawar dan Desa Situ Batu untuk keperluan prasarana tersebut.

Penyediaan air bersih tidak bisa dilakukan oleh BBWS Citanduy sendiri, Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Provinsi Jawa Barat telah berperan dalam pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) pada tahun 2015 dan selanjutnya Pemerintah Kota Banjar juga berperan dalam sistem distribusi air bersih kepada masyarakat.

Setelah pekerjaan selesai Pembangunan Prasarana Pengambilan dan Saluran Pembawa Air Baku Balokang Patrol, pada 8 April 2016 BBWS Citanduy melaksanakan Uji Alir Sinkronisasi. Kegiatan Uji Alir Sinkronisasi dihadiri oleh Kepala SNVT PJPA BBWS Citanduy, Satker PSPAM Provinsi Jawa Barat, PPK Air Tanah dan Air Baku dan Perwakilan dari Distributor pengadaan pompa. Hasil dari Uji Alir Sinkronisasi yang dilakukan selama 24 jam telah berjalan dengan baik.

Berdasarkan pada Uji Alir Sinkronisasi tersebut Kepala SNVT PJPA Citanduy memohon agar segera dilakukan serah terima pengelolaan kepada Direktur PDAM Tirta Anom. PDAM Tirta Anom sendiri melalui Asisten Bidang Administrasi, Sosial, Ekonomi dan Pemangunan Sekretariat Daerah Kota Banjar memohon untuk dilaksanakannya Uji SPAM Banjar Selatan secara bersama-sama.

Kemudian, pada 13 April 2017 dilaksanakan Uji Coba Alir Sistem Penyediaan Air Minum  (SPAM) Banjar Selatan yang dihadiri oleh Kepala SNVT PJPA BBWS Citanduy, PPK Air Tanah dan Air Baku BBWS Citanduy, Satker PSPAM Provinsi Jawa Barat, Direktur Utama PDAM Tirta Anom serta Kepala Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Banjar dan Tim Ahli dari Politeknik Bandung. Uji Coba SPAM Banjar Selatan meliputi Bangunan Intake (3 buah pompa submersible), Bangunan Prasedimentasi (3 buah pompa sentrifugal), dan Pipa Tranmisi pvc Ø 400 mm sepanjang 4686,5 m dinyatakan berfungsi.

Namun, pada 23 Juli 2018 Walikota Banjar menyampaikan usulan kepada Dirjen Sumber Daya Air Kementrian PUPR untuk penyempurnaan bangunan intake Balokang Patrol yang di ajukan pada bulan Oktober 2017 pasca Uji Coba SPAM.

Menindaklanjuti hal tersebut, BBWS Citanduy telah melaksanakan kegiatan penyempurnaan intake Balokang Patrol dan meminta dukungan dari pihak Pemkot Banjar berupa anggaran untuk pembayaran listrik Unit Air Baku Balokang Patrol. Ketika dilaksanakan kembali Uji Alir SPAM Balokang Patrol, terjadi kendala di jalur pipa transmisi air baku yang berjarak kurang lebih 1,4 km dari bangunan intake. Berdasarkan hasil analisis tinjauan lapangan oleh pihak supplier pipa Vinilon, kendala kerusakan pipa tersebut dipicu oleh aktifitas kegempaan. Kondisi pipa yang cukup lama kosong juga mengakibatkan pada saat mendapatkan getaran, pipa tidak mendapat “sokongan” yang cukup dari dalam sehingga menimbulkan retakan yang mengakibatkan pecahnya pipa.

Dalam rangka mendukung upaya penyediaaan air bersih di Kota Banjar, pada tahun 2021 BBWS Citanduy akan melakukan penanganan terhadap permasalahan di jalur transmisi air baku Balokang Patrol. Melalui kegiatan tersebut diharapkan upaya penyediaaan air bersih di Kota Banjar dapat terlaksana dan masyarakat dapat segera menikmati air bersih demi memenuhi berbagai kebutuhan. (Kompu)