© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Berita Balai

BBWS Bengawan Solo
Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Program Padat Karya P3TGAI
Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Program Padat Karya P3TGAI

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech. bersama Direktur Bina Operasi dan pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA), Ir. Lilik Retno Cahyadiningsih, MA., beserta pejabat dan staf BBWSBS lainnya, melakukan memonitoring pekerjaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Desa Klumprit di Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah, dan Bendungan Lalung Desa Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (16/04/2021). Kegiatan tersebut berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kegiatan ini dalam rangka mempercepat penyelesaian permasalahan pembangunan infrastruktur yang perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi. Pelaksanaannya pembangunan juga perlu dilakukan pendekatan secara teknis dan sosial. Direktur Bina Operasi dan pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA), Ir. Lilik Retno Cahyadiningsih, MA mengatakan kunjungan lapangan ini dalam rangka monitoring kegiatan fisik konstruksi yang sedang berlangsung. Pembangunan fisik harus berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada. “Program Padat Karya Tunai [PKT] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat [PUPR] dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil. Sehingga diharapkan manfaatnya dapat langsung memberikan kontribusi pada program Pemulihan Ekonomi Nasional [PEN],” ujarnya disela – sela kegiatan. Diharapkan dengan adanya bangunan infrastruktur di bidang SDA yang memadai, serta penanganan yang tepat, masyarakat akan merasa aman. “Banyak masyarakat yang terdampak pemutusan hubungan kerja [PHK] di tempat kerja akibat pandemi Covid-19. Dengan adanya P3TGAI banyak masyarakat yang terbantu, karena proyek ini juga melibatkan warga setempat. Warga bisa menambah penghasilan untuk keluarga,” katanya. Kepala BBWSBS, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech. mengatakan untuk penyelesaian pembangunan proyek infrastruktur jangan sampai terlambat atau tidak sesuai dengan kontrak. “Gunakan waktu seefektif mungkin,” ujarnya. (BBWSBS/Tamara)

16 April 2021 Selengkapnya

BBWS Cimanuk Cisanggarung
Komisi V DPR RI dan BBWS Cimancis Upayakan Infrastruktur Bendung Karet Waledan Segera Diperbaiki
Komisi V DPR RI dan BBWS Cimancis Upayakan Infrastruktur Bendung Karet Waledan Segera Diperbaiki

INDRAMAYU - Salah satu infrastruktur di wilayah kerja BBWS Cimanuk Cisanggarung memerlukan perbaikan. Dalam kunjungan kerja, Anggota DPR RI Komisi V Bambang Hermanto, SE bersama Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST. M.Sc meninjau infrastruktur Bendung Karet Waledan, pada Kamis (15/4/2021).

Bendung Karet Waledan merupakan salah satu infrastruktur yang dibangun menggunakan teknologi canggih. Dikatakan canggih sebab bahan (karet lapis baja) yang digunakan harus diimpor dari Jepang. Namun, bendung karet memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah rentan terhadap benda-benda runcing.

Dalam arahannya, Kepala BBWS menyampaikan bahwa Bendung Karet Waledan memiliki banyak fungsi. Diantaranya adalah membendung air laut ketika pasang agar warga tidak kebanjiran, dan mengairi sawah di Indramayu.

Anggota DPR RI Komisi V mempertegas upaya perbaikan Bendung Karet Waledan bisa masuk anggaran tahun ini. Sebab keberadaan Bendung Karet Waledan ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Ketika bendung ini selesai diperbaiki, seluruh elemen masyarakat harus menjaga keberadaannya. Dengan cara tidak beraktivitas di dekat bendung dan tidak membuang sampah ke sungai. (PPID - Cimancis)

16 April 2021 Selengkapnya

BWS Sumatera V
Vaksinasi Dilingkungan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Provinsi Sumatera Barat Telah Dilakukan
Vaksinasi Dilingkungan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Provinsi Sumatera Barat Telah Dilakukan

Tercatat sejak Maret lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian PUPR. “Saya minta agar dapat dilakukan vaksinasi kepada seluruh ASN PUPR secara bertahap untuk melindungi diri dari risiko terpapar COVID-19. Kita mendapat kepercayaan Pemerintah untuk melaksanakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Program –Program Padat Karya. Para ASN PUPR menjadi ujung tombak di lapangan dengan risiko terpapar COVID-19 karena pasti bersentuhan dengan berbagai pihak” perintah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono inilah yang kemudian menjadi salah satu landasan pelaksanaan Vaksin COVID-19 dilingkungan Kementerian PUPR.

Pada Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS S ) V Padang dipercaya menjadi koordinator dalam pelaksanaan vaksinasi. Adapun pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 dilakukan selama 3 (tiga) hari berturut-turut Sejak Kamis hingga Senin pada 8,9, dan 12 April lalu. Disepakati ada 2 (dua) lokasi pelaksanaan vaksinasi yang tersedia, pertama pada Ruang Rapat Anai BWS S V Padang dilaksanakan Vaksinasi untuk 3 (tiga) unor yakni BWS S V Padang sendiri, Balai Pelaksanaan Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK), dan Satker Penyediaan Perumahan Prov. Sumbar. Kedua, Ruang Rapat Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar yang diikuti oleh 2 (dua) unor yaitu BPJN Sumbar sendiri, dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Prov. Sumbar.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang, pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 dibantu oleh beberapa Puskesmas di Kota Padang, seperti Puskesmas Nanggalo, Anak Aia, Kuranji dan Pamancuangan. Para ASN PUPR rupanya sangat antusias dalam menerima Vaksin COVID-19 ini, sayangnya beberapa harus ditunda pemberian vaksin dan bahkan tidak diberikan vaksin karena beberapa alasan kesehatan. Menurut rekap data dari bagian Kepegawaian BWS S V Padang , BPJN Sumbar, dan BPPW Sumbar sebanyak 700an lebih ASN PUPR telah diberikan Vaksin COVID-19.

Melalui proses pendataran, screening, vaksinasi dan masa observasi secara umum tidak ada keluhan dari keseluruhan penerima vaksin dilingkungan UPT Kementerian PUPR. Tak jarang beberapa penerima vaksin pria malah menunjukkan ekspresi ketakutan sesaat sebelum diberikan vaksin. Hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi para penerima vaksin lainnya yang sedang mengantri untuk mendapatkan vaksin. Keseluruhan rangkaian proses pemberian vaksin COVID-19 dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. (humas)

15 April 2021 Selengkapnya

BBWS Serayu Opak
Pelaksanaan P3-TGAI Butuhkan Kerjasama Berbagai Pihak
Pelaksanaan P3-TGAI Butuhkan Kerjasama Berbagai Pihak

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Pramono mengatakan, pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) memerlukan kerjasama dan koordinasi dari berbagai pihak. Baik itu Tim Pelaksana Balai (TPB), Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan P3A, maupun pemerintah setempat.

Hal tersebut disampaikan Pramono dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun Anggaran 2021 Pelaksanaan di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Acara diselenggarakan di Magelang, Senin (12/4).

Kepala Bidang OP memaparkan, P3-TGAI bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian. “Saya meminta agar P3-TGAI segera dikerjakan, sehingga dampak peningkatan ekonomi dapat langsung terasa,” katanya.

Pramono menambahkan, pelaksanaan P3-TGAI harus memperhatikan pencapaian output dan outcome. Dirinya juga kembali menegaskan bahwa tidak ada pungutan dalam bentuk apapun dalam P3-TGAI. “Jika ada yang mengatakan ada pungutan, silakan dilaporkan kepada saya. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satker OP BBWS Serayu Opak Antyarsa Ikana Dani menjelaskan, P3TGAI merupakan program padat karya sehingga perekrutan tenaga kerja perlu dilaksanakan atas sepengetahuan dari kepala desa. “Jika saat ini ada daerah yang kondisinya memungkinkan, maka langsung bisa dikerjakan,” ujarnya. (an/ifn)

15 April 2021 Selengkapnya

BWS Sumatera IV
Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Konstruksi dan Konsultansi PPK Irigasi dan Rawa
Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Konstruksi dan Konsultansi PPK Irigasi dan Rawa

Batam (15/04), Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam telah melaksanakan Kegiatan Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Jasa Konstruksi Pekerjaan Supervisi Pembangunan D.I. Kerandin (lanjutan) di Kabupaten Lingga dan Konsultansi Konstruksi Pekerjaan Pembangunan D.I. Kerandin (lanjutan) di Kabupaten Lingga Tahun Anggaran 2021.

Penandatanganan Kontrak tersebut dilaksanakan oleh PPK Irigasi dan Rawa Falci Isrami, ST., MPSDA dengan Penyedia Jasa Konsultansi Konstruksi Elfianto selaku Direktur PT. Andalas Raya Consulindo KSO PT. Wandra Cipta Engineering Consultant dan Penyedia Jasa Konstruksi Andy Cahya Pratama selaku Direktur PT. Putra Hari Mandiri

Turut hadir Kepala BWS Sumatera IV Batam Ir. Tuti Sutiarsih, M.T. bersama Kepala Sub Bagian Umum dan Tata Usaha, Wahidah Wahyu Romadhoni, S.T., M.Sc., Kepala Seksi Pelaksanaan Ardhananto, S.T., M.Si, Kepala Seksi Pelaksanaan, Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaan, Nul Hanif Sutama, ST., M.Sc, Kepala SNVT PJPA Sumatera IV Adnan, S.T., M.Si, Kepala PJSA Sumtera IV Midian Tukuboya, ST. MT dan Para Para PPK di Lingkungan BWS Sumatera IV Batam.

Dalam kesempatan ini Kepala Balai mengucapkan selamat bagi Penyedia Jasa yang di tetapkan sebagai pemenang dan mengingatkan kepada Penyedia Jasa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat mutu dan tepat biaya. (humas/bwssumatera4)

[gallery columns="2" link="file" size="medium" ess_grid_gal="gallery-1" ids="77164,77160,77162,77163,77165,77166"]

15 April 2021 Selengkapnya

BBWS Sumatera VIII
Kepala BBWS Sumatera VIII Tinjau Lokasi Saluran Jebol di Kurungan Nyawa
Kepala BBWS Sumatera VIII Tinjau Lokasi Saluran Jebol di Kurungan Nyawa

Martapura - Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Ir. Birendrajana MT beserta jajaran meninjau lokasi saluran sekunder utama yg jebol di desa kurungan nyawa kecamatan Buay Madang pada hari Minggu (11/04/2021). Diketahui saluran ini mengalami jebol sehingga Pihak BBWS Sumatera VIII mengeluarkan surat pemberitahuan kepada masayarakat dengan surat No.SA 04.01 - Ah/187 pertanggal 06 April 2021. 

Karena pentingnya saluran ini maka tindakan perbaikan segera ditindaklanjuti oleh Kepala Satker OP dan PPK O&P SDA 2 setelah sebelumnya memastikan secara langsung bagaimana kondisi di lapangan dan penanganan sementara sehingga 26.000 Ha sawah terdampak akan dapat segera terairi kembali. Adapun rincian sawah yang terancam mengalami kekeringan berdasarkan data surat pemberitahuan tersebut yakni wilayah sub D.1. Belitang 1 seluas 6.051 hektar, wilayah sub D.1. Belitang 2 seluas 7.576 hektar, wilayah sub D.1. Belitang 3 seluas 7.971 hektar, dan wilayah sub D.1. Lempuing 5.000 hektar. (YHW/OPSDA2)

[gallery ids="4462,4461,4463"]

15 April 2021 Selengkapnya

BBWS Bengawan Solo
Koordinasi Pembangunan Jabung Ring Dyke dengan Kemenko Marves
Koordinasi Pembangunan Jabung Ring Dyke dengan Kemenko Marves

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menghadiri kegiatan Diskusi Penyelesaian Rawa Jabung Ring Dyke yang berada di Provinsi Jawa Timur yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Rabu (14/04/2021). Koordinasi ini juga di hadiri oleh Biro Administrasi Pembanguan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Koordinasi ini, membahas percepatan pembangunan Jabung Ring Dyke yang berada di Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur dengan luas waduk sebesar 1.400 Ha dengan panjang tanggul sekitar 24,4 Km. Kepala SNVT PJSA Bengawan Solo, R. Panji Satrio, S.T., M.M., M.D.M., memaparkan Jabung Ring Dyke, memberikan manfaat sebagai penyediaan air baku sebesar 30,5 juta m3 yang dapat dimanfaatkan untuk area irigasi. “Jabung Ring Dyke juga dapat menampung sementara debit banjir besar [Q50 tahunan] untuk mengurangi resiko dampak banjir terhadap pemukiman, jalan dan bangunan infrastruktur,” ujarnya. (BBWSBS/Tamara)

14 April 2021 Selengkapnya

BWS Sulawesi II
Cegah Covid 19 BWS Sulawesi II Gorontalo “Bentengi
Cegah Covid 19 BWS Sulawesi II Gorontalo “Bentengi" Pegawainya dengan Vaksinasi

Kabupaten Gorontalo (8/04/2021). Dalam rangka mencegah penyebaran Virus Covid-19, di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) khususnya Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo, seluruh pejabat, ASN, serta karyawan dan karyawati BWS Sulawesi II Gorontalo telah menerima Vaksinasi Covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor BWS Sulawesi II pada hari Kamis, 8 April 2021 ini bertujuan untuk perlindungan sistem imun tubuh para pegawai dan karyawan serta karyawati BWS Sulawesi II Gorontalo ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

[caption id="attachment_4454" align="aligncenter" width="1024"] Suasana kegiatan Vaksinasi Covid 19 di halaman kantor BWS Sulawesi II Gorontalo pada hari Kamis, 8 April 2021 (Foto: Dian Kusuma)[/caption] [caption id="attachment_4456" align="aligncenter" width="1024"] Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi, M.T., saat dilakukan Screening Kesehatan oleh tim Dokter (Foto: Faisal Masulili)[/caption]

Kasubag Umum dan tata Usaha BWS Sulawesi II Gorontalo Risnawati T. Dangkua S.H., M.Si., mengatakan “Alhamdulillah Vaksinasi tahap pertama untuk BWS Sulawesi II Gorontalo telah kami laksanakan. Hal ini sebagai tindak lanjut dari komunikasi dan kerja sama kami dengan pihak Dinas Kesehatan Provinsi serta Puskemas setempat, kegiatan vaksinasi ini juga merupakan implementasi kami dari kementerian PUPR agar seluruh pegawai Kementerian PUPR di seluruh Indonesia wajib dilakukan Vaksinasi Covid-19”.

[caption id="attachment_4457" align="aligncenter" width="1024"] Kasubag Umum dan Tata Usaha Risnawati T. Dangkua, S.H., M.Si saat dilakukan Screening kesehatan oleh tim Dokter (Foto: Faisal Masulili)[/caption] Lebih dari 100 ASN termasuk pejabat, serta karyawan dan karyawati BWS Sulawesi II Gorontalo telah mengikuti kegiatan vaksinasi ini, sebelum di vaksin peserta vaksin didaftarkan pada pendaftaran Online Dinas Kesehatan Provinsi, serta dilakukan uji tes Kesehatan Screening oleh dokter. Kemudian setelah divaksin peserta wajib mengikuti observasi efek vaksin selama 30 menit dan mendapat kartu resmi bahwa peserta telah berhasil mendapat vaksinasi Covid-19.
[caption id="attachment_4455" align="aligncenter" width="1024"] Tenaga medis saat menyuntikkan cairan vaksin pada salah satu karyawan BWS Sulawesi II Gorontalo. (Foto: Dian Kusuma)[/caption] [caption id="attachment_4458" align="aligncenter" width="1024"] Tenaga medis saat menyuntikkan cairan vaksin pada salah satu karyawan BWS Sulawesi II Gorontalo. (Foto: Dian Kusuma)[/caption] [caption id="attachment_4461" align="aligncenter" width="1024"] Pendataan Calon Penerima Vaksin (foto: Faisal Masulili)[/caption] [caption id="attachment_4459" align="aligncenter" width="1024"] Tenaga Medis sedang bersiap memberikan vaksin (Foto: Faisal Masulili)[/caption]

13 April 2021 Selengkapnya

BBWS Bengawan Solo
Pemberdayaan Masyarakat Petani Melalui P3TGAI Di Jawa Tengah
Pemberdayaan Masyarakat Petani Melalui P3TGAI Di Jawa Tengah

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengadakan kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Tahun Anggaran (T.A.) 2021 Wilayah Jawa Tengah pada lingkungan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Operasi dan Pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA) II di Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (13/04/2021). Kegiatan tersebut tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. P3TGAI merupakan program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau lnduk Perkumpulan. Program ini dicanangkan dalam rangka perwujudan Program Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN) dan tindak lanjut dari Program Padat Karya sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Kepala BBWSBS Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., mengatakan ada sebanyak 153 desa di Provinsi Jawa Tengah yang menerima manfaat kegiatan P3TGAI yang meliputi Kabupaten Boyolali 26 desa, Kabupaten Karanganyar 22 desa, Kabupaten Klaten 25 desa, Kabupaten Sragen 24 desa, Kabupaten Sukoharjo 25 desa dan Kabupaten Wonogiri 31 desa. “Pada tahun 2021 BBWSBS mendapatkan alokasi sebanyak 550 Desa penerima P3TGAI untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur,” paparnya. Agus mengatakan pelaksanaan P3TGAI bertujuan untuk merehab irigasi kecil atau desa dan irigasi tersier. Dengan bantuan dana tersebut, semakin banyak sawah petani yang mendapatkan pasokan air irigasi. “Program ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat petani dalam rehabilitasi, peningkatan atau pembangunan jaringan irigasi secara partisipatif, terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi,” ujarnya. Dengan adanya pelaksanaan P3TGAI diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat desa penerima, yang beberapa diantaranya juga merupakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dampak dari pandemi Covid-19. Selain bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa. Program padat karya Kementerian PUPR juga mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat. (BBWSBS/Tamara)

13 April 2021 Selengkapnya