© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Berita Balai

BBWS Citarum
Apel Siaga Satgas Banjir BBWS Citarum
Apel Siaga Satgas Banjir BBWS Citarum

Apel Siaga BanjirPada hari Senin (26/10), bertempat di kantor Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, dilaksanakan apel satgas siaga banjir, dengan inspektur Kepala BBWS Citarum Ir. Anang Muchlis Sp. PSDA. APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (5)APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (11)APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (7)Apel tersebut dilaksanakan guna menjaga kesiapsiagaan tim satgas bencana banjir BBWS Citarum dalam menghadapi musim penghujan di akhir tahun ini yang diprediksi akan memiliki curah tinggi sehingga kemungkinan bencana dapat terjadi.

APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (20) APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (16)APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (14)APEL SIAGA BANJIR BBWS CitarumAPEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (13)APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (18)

APEL SIAGA BANJIR BBWS CITARUM (1)Pada kesempatan ini juga dilakukan inspeksi untuk memastikan kesiapan alat-alat yang digunakan dalam penanggulangan bencana banjir. Para operator dan personel turut disiapkan dan diberi arahan agar selalu siap dan sigap untuk turun ke lapangan ketika bencana terjadi.

29 Oktober 2020 Selengkapnya

BBWS Citarum
GN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. Bandung
GN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. Bandung

GN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. BandungDalam rangka mensinergikan gerakan antara pemerintah dan komunitas peduli sungai bersama masyarakat, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum melalui bidang OP SDA menyelenggarakan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) pada Kamis (22/10) di Oxbow Daraulin Desa Daraulin Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung.

GN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. BandungTema yang diusung dalam kegiatan ini adalah gerakan menanam pohon dan membuat sumur resapan untuk mendukung konservasi air dan ekosistem wilayah sungai Citarum. Berbagai jenis pohon bambu dan tanaman argoforestry ditanam pada kesempatan tersebut.

GN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. BandungGN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. BandungGN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. BandungBBWS Citarum sebagai leading sector berkolaborasi dengan komunitas peduli sungai, akademisi, aparatur kewilayahan, dan satgas Citarum Harum bersama mewujudkan Daraulin menjadi tempat edukasi dan konservasi wilayah sungai Citarum.

GN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. BandungGN-KPA 2020 - Konservasi Oxbow Daraulin Kab. BandungDiharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon dan menjaga lingkungan hijau.

Mari menanam pohon untuk menabung air bagi anak cucu kita.

29 Oktober 2020 Selengkapnya

BBWS Cimanuk Cisanggarung
DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA, KEPALA BBWS CIMANUK CISANGGARUNG AJAK SEMUA PIHAK FOKUS TUNTASKAN BENDUNGAN KUNINGAN.
DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA, KEPALA BBWS CIMANUK CISANGGARUNG AJAK SEMUA PIHAK FOKUS TUNTASKAN BENDUNGAN KUNINGAN.

CIREBON – “Bendungan Kuningan sebgai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicita-citakan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan dan Provinsi Jawa Barat, bahkan oleh Bangsa Indonesia harus diselesaikan, demikian disampaikan oleh Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST., M.Sc dalam rapat Percepatan Penyelesaian Bendungan Kuningan antara BBWS Cimanuk Cisanggarung, Pemkab. Kuningan, tokoh-tokoh masyarakat, dan SKPD terkait.

“Pembangunan Bendungan Kuningan merupakan program Pemerintah sebagai penghargaan atas cita-cita masyarakat Kabupaten Kuningan yang berfungsi untuk pemenuham kebutuhan air irgasi, air baku, serta pengendalian banjir, BBWS Cimanuk Cisanggarung berperan dalam tahap pelaksanaan konstruksi dan pembayaran pembebasan lahan, sedangkan permasalahan pembebasan lahan itu sendiri merupakan tanggung jawab pemerintah daerah, progress konstruksi Bendungan Kuningan sampai dengan saat ini telah mencapai 99.6% adapun pembebasan lahannya telah mencapai 94,5%, dengan semangat “Sumpah Pemuda 1928” diharapkan ada semangat perjuangan dan pengorbanan dari masyarakat agar proses penggenangan bisa segera dilaksanakan, masalah pembebasan lahan bisa segera diselesaikan oleh pihak-pihak sesuai dengan perannya, shingga manfaat dari dibangunnya bendungan tersebut dapat segera dirasakan”, demikian akhir sambutan Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung. (PPID-Cimancis)

28 Oktober 2020 Selengkapnya

BWS Sulawesi II
BWS Sulawesi II Gorontalo Percepat Penanganan Darurat Bencana Banjir Sungai Bone, Bendung Alale, Kabupaten Bone Bolango
BWS Sulawesi II Gorontalo Percepat Penanganan Darurat Bencana Banjir Sungai Bone, Bendung Alale, Kabupaten Bone Bolango

BWS Sulawesi II Gorontalo – Rabu, 28 Oktober 2020. Di sela-sela cuti bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Salallahu alaihi wa sallam, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo, Ir. Naswardi, M.T., meninjau lokasi pekerjaan penanganan darurat bencana banjir sungai bone di Bendung Alale, Kabupaten Bone Bolango. Tampak hadir mendampingi Kepala Balai, Kepala Satuan Kerja Operasi & Pemeliharaan, Isnaen Muhidin, S.T., M.T.,

[caption id="attachment_4240" align="aligncenter" width="1024"] Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Bersama Kasatker OPSDA Sulawesi II meninjau pekerjaan penanganan darurat bencana banjir di sungai bone, bendung alale, kabupaten bone bolango[/caption]

Kepala Balai mengatakan “kami mengecek sejauh mana penanganan darurat bencana banjir karena sekarang sudah mulai masuk musim penghujan sebagai langkah melakukan percepatan, kita upayakan pekerjaan ini cepat selesai sebelum musim hujan dengan curah hujan tinggi yang nanti bisa berdampak juga ke bendung dan permukiman disekitarnya. Kita target selesai bulan desember tahun 2020. Semoga kedepan tidak ada kendala agar dampak bencana bisa diminimalisir. Selain itu pendekatan non-struktural seperti edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penggundulan hutan dan penambangan liar juga berperan penting dalam pengurangan resiko banjir,” Pungkas Kepala Balai.

[caption id="attachment_4241" align="aligncenter" width="1024"] proses pekerjaan penanganan darurat bencana banjir sungai bone bendung alale kab. Bone bolango[/caption] [caption id="attachment_4242" align="aligncenter" width="1024"] Proses Perbaikan Saluran Bendung Alale[/caption]

Bendung Alale mengairi jaringan irigasi Alale dan terkoneksi dengan jaringan irigasi lomaya dengan luas keseluruhan 3.148 hektar sawah. Pekerjaan penanganan darurat bencana banjir sungai bone ini dilaksanakan oleh PT. Brantas Abipraya.

Narator By Faizal M

28 Oktober 2020 Selengkapnya

BWS Sulawesi II
Lakukan Percepatan, BWS Sulawesi II Gorontalo MONEV di Pekerjaan Pembangunan JIAT dan Pengaman Pantai Atinggola
Lakukan Percepatan, BWS Sulawesi II Gorontalo MONEV di Pekerjaan Pembangunan JIAT dan Pengaman Pantai Atinggola

BWS Sulawesi II Gorontalo – Senin, 26 Oktober 2020. BWS Sulawesi II Gorontalo yang dimpimpin Kepala Balai melakukan monitoring dan evaluasi ke pekerjaan pembangunan Jaringan Irigasi Air Tanah di Desa Monggupo Kec. Atinggola Kab. Gorontalo Utara. Dilokasi ini tim melakukan tinjauan terhadap proses pekerjaan tersebut. Sejauh ini progress pekerjaan sudah mencapai 74% dan ditargetkan selesai pada minggu ke 2 bulan Desember 2020. Hal ini dilakukan untuk memastikan pekerjaan pembangunan JIAT tersebut berjalan dengan baik dan sesuai spesifikasi yang telah ditentukan sehingga dapat menjawab kebutuhan air irigasi untuk masyarakat Desa Monggupo, Kec. Atinggola Kab. Gorut.

[caption id="attachment_4234" align="aligncenter" width="1024"] KASIE Keterpaduan Pembangunan Insfrastruktur SDA, MEMERIKSA SAMPEL BATU HASIL PENGEBORAN JIAT DESA MEONGGUPO[/caption]

Masih Kabupaten Gorontalo Utara, selanjutnya tim melanjutkan monev ke pekerjaan pengaman pantai atinggola yang berada di Desa Dumolodo. Pada saat pengecekan dilokasi terpantau progres sudah mencapai 80% dan ditargetkan selesai awal bulan Desember tahun 2020.

[caption id="attachment_4236" align="aligncenter" width="1024"] KABALAI BERSAMA KEPALA SNVT PJPA MEMERIKSA MATERIAL YANG DIPAKAI PADA PEKERJAAN JIAT DESA MONGGUPO[/caption]

Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi, M.T., berharap bahwa "mudah-mudahan cuaca selalu mendukung agar pekerjaan berjalan baik, tidak ada masalah, tepat waktu, mutu dan tepat guna serta memperhatikan unsur estetika dan humanis," tutup Kepala Balai.

Narator By Faizal M

28 Oktober 2020 Selengkapnya

BWS Sulawesi II
Bupati Gorontalo Utara Apresiasi Pembangunan Pengaman Pantai Atinggola
Bupati Gorontalo Utara Apresiasi Pembangunan Pengaman Pantai Atinggola

BWS Sulawesi II Gorontalo – Jumat, 23 oktober 2020. BWS Sulawesi II Gorontalo melalui PPK Supan II melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pekerjaan Pengaman Pantai Atinggola. Kali ini BWS Sulawesi II Gorontalo didampingi oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. Pekerjaan Pengaman Pantai Atinggola tepatnya di Dusun Malagoso adalah salah satu wilayah penghasil ikan garam di Provinsi Gorontalo. Kekayaan alam bawah laut di dusun malagoso tidak diragukan lagi, yang mana pantai ini merupakan tempat bagi rombongan penyu untuk singgah ketika migrasi ataupun bertelur. Perlu diketahui bahwa bangunan pengaman pantai ini memiliki panjang 720 meter, dengan panjang breakwater 140 meter serta menggunakan konstruksi beton seawall dengan mutu beton K225. Selain berfungsi sebagai pengaman pantai, nantinya bangunan ini bisa menjadi salah satu objek wisata karena dibangun dengan memperhatikan unsur estetika serta humanis. Tujuan pembangunan ini dilakukan untuk melindungi 127 KK di dusun Malagoso, Desa Dumolodo, Kec. Gentuma Raya dari ancaman abrasi, ancaman gelombang pasang yang sering terjadi di wilayah tersebut, Sebagian masyarakat malagoso berprofesi sebagai nelayan dan petani.

[caption id="attachment_4224" align="aligncenter" width="1024"] PPK SUPAN II ARGENTA DZIKO, S.T., MENJELASKAN PROSES PEKERJAAN KEPADA BUPATI GORONTALO UTARA INDRA YASIN[/caption]

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan "saya sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara serta mewakili masyarakat menyampaikan banyak terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat khususnya Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo yang telah memprogramkan dan melakukan pembangunan ini yang tidak hanya berfungsi sebagai pengaman pantai saja tapi juga mempunyai unsur estetika yang sangat bagus sehingga saya pikir pantai ini kedepan akan menjadi salah satu tempat wisata, refreshing untuk bersantai bersama keluarga. Saya yakin dengan terbangunnya pengaman pantai ini yang bernuansa wisata, selain akan menjaga pemukiman ketika gelombang ekstrim air pasang, juga akan membantu meningkatkan perekonomian disekitarnya," pungkas Bupati. Kedepan bangunan pengaman pantai ini bisa menjadi salah satu objek wisata untuk desa Dumolodo, dengan nama wisata Pantai Malagoso.

[caption id="attachment_4223" align="aligncenter" width="1024"] PPK SUPAN II ARGENTA DZIKO, S.T., MEMERIKSA MATERIAL DAN PROSES PEKERJAAN BREAKWATER PENGAMAN PANTAI ATINGGOLA[/caption]

[caption id="attachment_4221" align="aligncenter" width="1024"] PENGAMAN PANTAI ATINGGOLA[/caption]

Kepala BWS Sulawesi II Gorontalo Ir. Naswardi, M.T., mengatakan "sejauh ini progres sudah mencapai 80% (26/10/2020), diharapkan nanti bangunan ini dapat melindungi pemukiman masyarakat serta mengatasi abrasi yang terjadi di sepanjang pantai malagoso. Kedepan juga mudah-mudahan bisa tercapai sinergitas yang baik pada program-program selanjutnya antara BWS Sulawesi II Gorontalo sebagai perwakilan Kementerian PUPR sebagai Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara karena Pemda lah yang akan mengidentifikasi program apa saja untuk mendukung kenyamanan dan keamanan bangunan pengaman pantai yang berada di Desa Dumolodo ini," tutup Kepala Balai.

Narator By Faizal .M

28 Oktober 2020 Selengkapnya

BBWS Citanduy
BBWS Ciranduy beri Bantuan Tanggap Darurat Bencana Banjarsari
BBWS Ciranduy beri Bantuan Tanggap Darurat Bencana Banjarsari

BBWS Ciranduy beri Bantuan Tanggap Darurat Bencana Banjarsari

28 Oktober 2020 Selengkapnya

BBWS Cimanuk Cisanggarung
Tuntaskan Penanganan Dampak Primer, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung inginkan peningkatan Kinerja Pengelolaan Bendungan Jatigede
Tuntaskan Penanganan Dampak Primer, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung inginkan peningkatan Kinerja Pengelolaan Bendungan Jatigede

SUMEDANG - Dalam rangka penanganan dampak primer pembangunan Bendungan Jatigede, Oktober 2020 kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST., M.Sc. menyaksikan pembayaran uang tunai pengganti rumah tinggal dan uang santunan berdasarkan Keputusan Pengadilan Negeri Sumedang untuk penanganan dampak sosial kemasyarakatan pembangunan Bendungan Jatigede terhadap 235 putusan senilai 25,5 Milyar.

Dalam sambutannya Kepala BBWS menyampaikan "agar kinerja Bendungan Jatigede bisa tercapai sesuai yang direncanakan, pengelolaan bendungan harus dilaksanakan dengan baik, agar bisa memberikan kualitas layanan maksimal baik dari sisi pengendalian banjir, pemberian air irigasi dan air baku, PLTA, serta fungsi layanan lainnya seperti pariwisata".

"Ada 3 isu/permasalahan utama padapengelolaan Bendungan Jatigede yaitu pengamanan kawasan bendungan, Pengelolaan Quarry Bukit Gunung Julang, serta Pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA), ketiga permasalahan tersebut harus segera dicarika solusinya karena merupakan satu kesatuan yang berpengaruh terhadap kinerja pengelolaan bendungan" demikian Kepala BBWS dalam akhir sambutannya. (PPID - Cimancis)

27 Oktober 2020 Selengkapnya