© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

Berita SDA

Komisi V DPR RI Kunjungi Daerah Irigasi Pamarayan Barat


Kategori : Berita SDA

  19 November 2020



Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI

Foto : Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI


“Daerah Irigasi Pamarayan Barat merupakan salah satu daerah irigasi yang berada di Banten untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Namun kondisi dan kapasitas jaringan irigasi Pamarayan Barat mengalami penurunan pelayanan akibat pendangkalan pada saluran pembawa, kerusakan pada bangunan dan operasi dan Pemeliharaan yang tidak memadai. Untuk itu dilakukan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi agar pemeliharaan kebutuhan air untuk kebutuhan irigasi pertanian dan non irigasi seperti air baku dan pengendalian banjir” jelas Suparji, Direktur Irigasi dan Rawa, Ditjen SDA dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI, 19 November 2020,di Banten.

Lanjut Suparji, saat ini lahan persawahan sudah banyak yang dijadikan perumahan sehingga banyak sawah yang berkurang. “Untuk itu saya mohon dukungan berbagai pihak untuk meminimalisir perubahan lahan yang awalnya untuk sawah jadi perumahan atau industri, karena nanti akan mengurangi produksi pangan untuk Banten,” imbuh Suparji.

Daerah Irigasi Pamarayan Barat dengan luas areal Pengairan sekitar 9.442 ha yang melintas di wilayah Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, merupakan salah satu daerah irigasi yang ber kontribusi dalam Penengahan kebutuhan pangan dan air baku Provinsi Banten.

Luas sawah yang dikirim oleh jaringan irigasi Pamarayan Barat yang direhabilitasi 9.441 ha dengan panjang saluran induk 46,2 km dan panjang saluran sekunder 60,9 km.  Saat ini progres sampai dengan status November 2020, progres fisik 98,89% dan keuangan 85%.

Pekerjaan ini direncanakan selesai pada tahun 2020, dikarenakan pandemi covid 19 anggaran 2020 terkena refocusing dan akan dibayarkan di tahun 2021 dengan memperpanjang waktu pelaksanaan semula 1152 hari kalender menjadi 1242 hari kalender.

Andi Iwan Darmawan selaku Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Banten, mengatakan bahwa dengan adanya rehabilitasi jaringan irigasi Pamarayan Barat diharapkan dapat membantu produksi pangan Banten dan juga dapat meningkatkan produktivitas pertanian. “Semoga BBWS Cidanau Ciujung Cidurian dapat mengerjakan rehabilitasi ini sampai selesai dan dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Banten,” ujar Andi Iwan.

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dihadiri oleh Direktur Irigasi dan Rawa, Suparji, para anggota Komisi V DPR RI, dan BBWS Cidanau Ciujung Cidurian (tin,nan kompuSDA)

 


Bagikan :

Cetak