SDA-net

Salurkan Bantuan Rp 5 Milliar, Gubernur Jatim Tinjau Pembangunan Pipa Air Bersih di Palu

salurkan-bantuan-rp-5-milliar-gubernur-jatim-tinjau-pembangunan-pipa-air-bersih-di-palu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dalam rangka peninjauan lokasi dan proses pembangunan jaringan pipa air bersih dan peresmian pembangunan kembali Sekolah Dasar pada Rabu (12/2/2020). Dengan didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III, Feriyanto Pawenrusi, melihat langsung bagaimana progres penyaluran bantuan keuangan dari APBD Pemprov Jawa Timur dilakukan. 
 

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyalurkan bantuan keuangan sebesar Rp 5 miliar untuk membantu korban gempa di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Anggaran tersebut diwujudkan dengan pembangunan jaringan pipanisasi untuk air bersih bagi warga terdampak.
 

Pembangunan pipanisasi air bersih dari Pemprov Jatim di Kabupaten Sigi rampung dibangun setelah lebih dari setahun pasca gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Sulawesi Tengah pada September 2018 lalu.


Kondisi jaringan pipa di Kabupaten Sigi sudah terbangun. Akan tetapi pipa tersebut belum bisa dialiri air baku karena pipa utama di jaringan Pasigala masih dalam proses perbaikan akibat likuifaksi.


"Jaringan pipa yang terbangun ada sepanjang 6,4 kilometer. Jaringan pipa ini akan bisa memberi support penyediaan air bersih di empat desa dengan penduduk sekitar 1.200 KK," sebut Khofifah.

Menurut beliau, pembenian bantuan keuangan ini diberikan Pemprov Jatim berdasarkan SE Mendagri atas adanya bencana gempa dan tsunami. Sedangkan titik dan juga pembangunan jaringan air bersih di Kabupaten Sigi yang menjadi titik bantuan Pemprov Jatim merupakan hasil assessment dari Pemprov dan Pemda setempat.

"Sekarang air bakunya sedang diikhtiarkan, karena harus melakukan sosiaslisasi kembali dengan masyarakat di sini. Tentu harapannya kita bisa saling memberi, menolong dan saling memberikan penguatan," kata Khofifah.
 

Di sisi lain, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyampaikan rasa terimakasihnya pada Gubernur Khofifah, Pemprov Jawa Timur, dan juga seluruh warga Jawa Timur yang sudah peduli untuk Donggala, dan juga Sigi bisa kembali bangkit usai setahun lebih diterjang tsunami dan gempa bumi.
 

"Saya minta masyarakat Sulteng yang terdampak bisa mengucapkan terima kasih atas kepedulian warga Jawa Timur. Untuk Sigi, kebutuhannya memang air bersih. Mudah-mudahan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III bisa mengejar kesiapan pengaliran air bakunya," kata Longki.
 

Beliau juga menegaskan bahwa pihaknya telah berbagi tugas pada kepala daerah Kabupaten Sigi untuk berkomunikasi dengan warga setempat terkait distribusi air bersih.


Berita Lainnya

Konsisten Menjadi yang Terbaik di Pameran Sulteng Expo 2019

Dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tengah, Sulteng Expo digelar sebagai salah satu rangkaian acara setiap tahunnya. Tahun ini, dalam peringatan…

Gerakan Peduli Mitigasi Bencana Dalam Rangka Hari Bakti PU ke-72 tahun 2017

Pada tahun ini, peringatan Hari Bhakti PU yang diperingati setiap tanggal 3 Desember dilaksanakan dengan kegiatan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana. Peringatan…

Peningkatan Sumber Daya Manusia Balai Wilayah Sungai Sulawesi III

Untuk meningkatkan kebersamaan, dan menjalin silahturahmi di lingkungan Balai Wilayah Sungai Sulawesi III,maka diselenggarakan Kegiatan Kumpul Bareng bertajuk Peningkatan Sumber…

Pelatihan Pemanfaatan Data Satelit Resolusi Tinggi Earth Observation Product EO4DRR ESA menggunakan GEP

Pelatihan Pemanfaatan Data Satelit Resolusi Tinggi Earth Observation Product EO4DRR ESA menggunakan Geohazard Exploitation Platform (GEP) dilaksanakan di Aula Kantor Balai…



BALAI WILAYAH SUNGAI SULAWESI III

http://sda.pu.go.id/bwssulawesi3

Tentang Kami

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan perundang-undangan


Link Terkait

Kemen PUPR     Ditjen SDA

Kontak

Balai Wilayah Sungai Sulawesi III
Jl. Abdurachman Saleh No. 230 Palu
Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia
Telp. (0451) 482147
Fax. (0451) 482101


Follow Us

       

Lokasi


© Copyright 2018. sda.pu.go.id/bwssulawesi3. All Rights Reserved