banner-image

Rencana Alokasi Air Tahunan Wilayah Sungai Lasolo Konaweha dan Wilayah Sungai Towari Lasusua

Jumat, 26 Juni 2020 16:33 WITA
Sisda
37 Kali dilihat
Berita Balai
Rencana Alokasi Air Tahunan Wilayah Sungai Lasolo Konaweha dan Wilayah Sungai Towari Lasusua
Galeri Foto :

Hari ini (26/6) digelar rapat Penyusunan Dokumen Rencana Alokasi Air Tahunan (RAAT) wilayah Sungai (WS) Lasolo Konaweha dan WS Towari Lasusua, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari. Pertemuan kali ini membahas hasil pengumpulan data di lapangan untuk mengupdate data yang sudah ada, yaitu data debit air sungai, data penggunaan air untuk Irigasi, PDAM, PLTMH dan industri.
Ir. Rosmiati, M.Si, salah satu anggota tim penyusunan RAAT BWS Sulawesi IV menyampaikan harapannya agar semua sungai-sungai dalam DAS urgen yang ada dalam kewenangan BWS Sulawesi IV memiliki data dan informasi terkait pengalokasian air.
“Saat ini tim teknis penyusunan Alokasi Air sedang mengumpulkan dan memperbaharui data pengguna air untuk dilakukan analisis perhitungan ketersediaan dan penggunaan air dalam WS Lasolo Konaweha (DAS Konaweha) dan WS Towari Lasusua (DAS Tamboli dan DAS Wundulako)" tuturnya.
Dokumen RAAT yang disusun oleh tim Teknis untuk masa tanam 2021, nantinya akan dibahas lebih lanjut dalam sidang komisi dan sidang pleno oleh Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) masing-masing Wilayah Sungai untuk direkomendasikan kepada Dirjen SDA agar dokumen RAAT dapat ditetapkan menjadi dokumen Alokasi Air Tahunan tahun 2021 yang akan dijadikan pedoman yang harus ditaati oleh semua pengguna air.
(SISDA-HUMAS-KDI)


Berita Lainnya