© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Pentingnya Sanitasi Untuk Kehidupan

Pentingnya Sanitasi Untuk Kehidupan


Kategori : Berita SDA

  02 September 2015



Foto : 01062015


Air dan sanitasi merupakan satu kesatuan yang penting dalam kehidupan. Tanpa sanitasi yang baik maka keadaan lingkungan akan menjadi kotor, kuantitas dan kualitas air akan menurun. pembahasan mengenai air tidak hanya membahas tentang air yang kita minum, melainkan juga mengenai bagaimana menjaga hutan apabila rusak sehingga menyebabkan berkurangnya sumber daya air.


“Air dan sanitasi adalah proses yang kita butuhkan untuk menjaga kelestarian lingkungan, sehingga memberikan kita kehidupan dan kesehatan yang baik. Bicara mengenai air jika kita tidak bisa menampung air dengan baik maka akan kekurangan air ketika musim kemarau datang, namun sebaliknya bila tidak ada tempat untuk menampung air yang baik akan terjadi banjir ketika musim hujan,” ujar Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dalam membuka acara Water, Sanitation and Cities Forum 2015 di Jakarta, (27/5). Jusuf Kalla menambahkan dana yang dimiliki oleh pemerintdah daerah agar dialihkan untuk sarana dan prasarana sumber daya air, sanitasi dan fasilitas perkotaan untuk memenuhi kebutuhan air dan sanitasi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Andreas Suhono mengatakan bahwa acara Water, Sanition and Cities Forum and Exibithion 2015 merupakan kegiatan internasional terbesar terkait pengembangan air, sanitasi dan permukiman perkotaan. “Acara ini pertama kali dilaksanakan tahun ini, namun kegiatan ini merupakan perluasan dari kegiatan Indo Water Expo and Forum yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 dan Indonesia International Water Week (IIWW) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2013,” jelas Andreas.

Disamping itu, Water, Sanitation and Cities Forum and Exhibition 2015 juga mencakup bagian dari kegiatan peringatan Hari Air Dunia 2015 serta menjadi acara puncak dari rangkaian kegiatan persiapan yang telah dilaksanakan pada tahun 2014, diantaranya Stakeholders Forum of Indonesia International Water Week (SF-IIWW) yang dilaksanakan bulan Mei 2014 di Surabaya, Indonesia Water Learning Week (IWLW) yang dilaksanakan bulan November 2014 di Jakarta, dan Stakeholders Forum Habitat yang dilaksanakan bulan Oktober 2014 di Jakarta serta Youth Forum on Habitat yang dilaksanakan bulan Oktober 2014 di Jakarta

“Kegiatan yang bertemakan “Water and Sanitation towards Sustainable Development” ini diharapkan dapat menjadi wadah pertemuan bagi para pakar, praktisi, akademisi, donor dan professional, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk dapat saling bertukar pengetahuan, pengalaman, dan perkembangan teknologi, serta bekerjasama dalam menciptakan inovasi baru untuk menjawab tantangan global di sektor air, sanitasi dan permukiman perkotaan,”kata Andreas.


Bagikan :

Cetak