Aplikasi  Pengelolaan  Aset  Sungai

K E M E N T E R I A N     P E K E R J A A N     U M U M     D A N     P E R U M A H A N     R A K Y A T
D I R E K T O R A T     J E N D E R A L     S U M B E R     D A Y A     A I R

Tentang Aplikasi Pengelolaan Aset Sungai

Latar Belakang Pengelolaan Aset Sungai

Pada saat ini pengelolaan aset di sektor sumber daya air mendapat perhatian khusus, karena investasi modal selama ini untuk pembangunan prasarana di sektor ini cukup besar, aset yang dihasilkan perlu dipelihara dengan baik untuk mendapat manfaat yang sesuai dengan desain awal dan bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Hal ini didukung oleh Surat Edaran Nomor : 05/SE/D/2016 tentang pedoman penyelenggaraan kegiatan operasi dan pemeliharaan prasarana sungai serta pemeliharaan sungai, yang mana didalamnya berisikan mengenai kegiatan operasi prasarana sungai, pemeliharaan prasarana sungai dan pemeliharaan sungai, serta metode perhitungan angka kebutuhan nyata dan operasi pemeliharaan sungai.

Data inventarisasi untuk berbagai aset umumnya telah tersedia di Unit B(B)WS, Dinas PU Provinsi dan BPSDA, dalam bentuk daftar, arsip-arsip buku aset, atau ‘database’. Aset perlu di catat dan di kumpulkan kembali data yang diperoleh dari masing-masing unit dengan mengunakan format atau buku catatan yang telah ditentukan. Data dapat di peroleh dari lapangan langsung untuk inspeksi fisik dan verifikasi terhadap kondisi status prasarana yang terdata di unit-unit terkait secara rinci untuk menyempurnakan data yang ada.

Pengumpulan atau pencatatan serta penilaian setatus kontruksi aset bangunan tersebut perlunya keseragaman data pencatatan sehingga mudah dalam pengolahan database pada sistem, dari studi kasus tersebut maka Djoko Sembodo (Sr. River Asset and O&M Specialist) dari BWRM II memberikan gagasan di buatlah empat belas jenis form untuk input data aset sungai dan status/kondisi bangunan dengan penilaian persentase.

Untuk memudahkan dan menyempurnakan pengelolaan data aset “empat belas Form” maka di buat lah aplikasi PAS (Pengelolaan Aset Sungai), sehingga data lebih terstruktur dan sistematis.

Tujuan Pembuatan Aplikasi Pengelolaan Aset Sungai (PAS)

Tujuan pembuatan Aplikasi Pengelolaan Aset Sungai untuk mempermudah pencatatan asetaset

sungai, pengolahan data terpusat dengan teknologi Database dan Aplikasi Online sehingga Identifikasi Bangunan Prasarana di Daerah dapat di kontrol dengan cepat dan akurat.

Menyediakan Informasi untuk kegiatan Inspeksi Kondisi Prasarana Sungai secara teratur dan merencanakan pekerjaan Pemeliharaan di masa mendatang.

Data Pendukung

Unit Kerja & Cakupan Wilayah Kerja

Data Bangunan

Unit Kerja

Data WS

Data DAS

Data SUNGAI

Data BANGUNAN ASET SUNGAI

Peta Persebaran Bangunan Sungai

*klik icon 1x pada peta untuk memunculkan informasi
*Nomor pada bulat yang berwarna (klaster) pada peta menunjukan jumlah data

Pemeliharaan Preventif
Pemeliharaan Korektif
Rehabilitatif

Kegiatan Mengenai Aplikasi PAS

Sosialisasi Aplikasi

foto bersama

Sosialisasi Aplikasi

Pemaparan

Sosialisasi Aplikasi

Suasana peserta Sosialisasi di Serpong

Sosialisasi Aplikasi

Antusias peserta dalam kegiatan Sosialisasi di Serpong

Sosialisasi Aplikasi

Pemaparan Aplikasi hari kedua di BBWS NTT

Sosialisasi Aplikasi

Pemaparan Aplikasi hari ketiga di BBWS NTT

Aplikasi Pengelolaan Aset Sungai

Untuk masuk ke Aplikasi Kualitas Air silahkan memasukan Nama Pengguna dan Kata Sandi Anda.
Lupa Kata Sandi, Kontak kami !