Bendung Prafi

From WikiSDA
Jump to: navigation, search

Prafi.jpg

Sebagian besar lahan di daerah ini masih berupa rawa pasang surut, lebak dan tambak serta sawah tadah hujan. Sehingga perlu dilakukan pembangunan Bendung dan Jaringan Irigasi Prafi ini agar masyarakat tidak hanya mengandalkan sawah tadah hujan namun dapat memanfaatkan irigasi teknis guna memenuhi kebutuhan pangan, sekaligus dapat mendukung percepatan pengembangan areal irigasi dan menunjang program Transmigrasi

Contents

Data

Data teknis Bendung Prafi adalah sebagai berikut :

  • Tipe Bendung : Flugter
  • Bentuk mercu : Pelimpah lengkung (Ogee weir)
  • Lebar Bendung : 48 meter
  • Tinggi mercu : 1,5 meter
  • Cathment area : 187 km2

Jaringan Irigasi dan Bendung Prafi masuk wilayah Kecamatan Prafi, sekitar 60 Km dari Kota Manokwari ke arah Barat

Tujuan

Untuk meningkatkan hasil produksi pertanian melalui pemberian air irigasi khususnya pengairan sawah dan menunjang program transmigrasi.

Riwayat Singkat

Bendung Prafi mulai dibangun pada Tahun Anggaran 1996/1997. Pekerjaan Jaringan Utama, tersier dan cetak sawah selesai pada Tahun Anggaran 2000/2001

=Biaya

Biaya Pembangunan Bendung Prafi dan prasarana Jaringan Irigasinya, menggunakan biaya APBN/ Pusat dan dana pinjaman luar negeri Loan OECF.

Manfaat

  • Memberikan suplesi air irigasi pada areal pertanian di Kawasan Transmigrasi Prafi sesuai rencana mencakup 1.500 Ha. Dimana semula dari sebagian lahan tersebut adalah tadah hujan sekali panen setahun dengan produksi 2 – 2,5 ton/ha per musim tanam, direncanakan menjadi dua kali panen setahun dengan produksi 4 – 5 ton per/Ha per musim tanam.
  • Mendukung percepatan pengembangan areal Irigasi di Kawasan Timur Indonesia/ KTI, Propinsi Papua, dan secara nasional menunjang Program kapet Biak sekitar Kawasan Teluk Cendrawasih.
  • Menunjang program sektor lain yaitu Transmigrasi, utamanya adalah pengairan dengan sistem pemberian air irigasi untuk meningkatkan produksi pangan khususnya beras, serta budidaya tanaman pangan lainnya.
Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox