Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Kompu-Cimancis

Antisipasi Bencana, Tim SIGAB BBWS Cimanuk Cisanggarung Gerak Cepat Perbaiki Tanggul Sukagumiwang

INDRAMAYU - Dalam rangka tugas monitoring, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc melakukan inspeksi ke beberapa tanggul di sepanjang Sungai Cimanuk, salah satunya di Desa Sukagumiwang Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu pada Kamis (7/10/2021).

Pada tanggal 22 Agustus 2021, Tim SIGAB BBWS Cimanuk Cisanggarung menerima laporan lisan terkait tanggul longsor dari masyarakat Desa Sukagumiwang. Dengan cepat Tim SIGAB langsung melakukan survei tanggul longsor dan didapatkan hasil tanggul longsor dengan dimensi panjang 35m, lebar 4m, dan tinggi 2,5m, dan langsung dilakukan penanganan darurat. Saat menganalisa lokasi kejadian, dapat disimpulkan bahwa kerusakan tanggul disebabkan aktivitas pembuatan saluran pembuangan masyarakat yang melintasi tanggul.

Dalam arahannya, Kepala BBWS mengatakan bahwa apabila masyarakat melubangi tanggul untuk saluran pembuang rumahnya, maka tanggul akan cepat rusak lagi. Oleh sebab itu ketika sudah diperbaiki secara permanen, Tim SIGAB BBWS Cimanuk Cisanggarung harus mensosialisasikan kepada warga agar menjaga keberadaan tanggul dan tidak membuat saluran pembuangan yang melintasi tanggul.

Sampai saat ini, beberapa penanganan yang telah dilakukan oleh Tim SIGAB BBWS Cimanuk Cisanggarung adalah dengan penanganan semi permanen di dua titik lokasi berupa mendatangkan material cerucuk dolken dan pemasangan geobag. (PPID - Cimancis)