Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : PPID-Cimancis

BENDUNGAN KUNINGAN AKAN DIRESMIKAN AKHIR JUNI, BBWS CIMANCIS ADAKAN SIDANG PLENO

CIREBON - Bendungan Kuningan tengah menjadi primadona. Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional yang berada di wilayah kerja BBWS Cimanuk Cisanggarung, Bendungan Kuningan rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada akhir Juni 2021 mendatang.

Oleh sebab itu, ragam persiapan tengah dilakukan. Satu diantaranya adalah pelaksanaan sidang pleno yang dilakukan pada hari Kamis (10/6/2021) via video conference menggunakan aplikasi zoom meeting. Sidang Pleno ini dihadiri oleh Dirjen SDA sekaligus Ketua Komisi Keamanan Bendungan Jarot Widyoko, Direktur Irigasi dan Rawa Suparji, Direktur Air Tanah dan Air Baku Iriandi Azwartika, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi, Tim Kontraktor, Tim Konsultan dan Tim Kajian Balai Teknik Bendungan.

Dalam Sidang Pleno ini, pembahasan bertumpu pada progress kesiapan infrastruktur dan manfaat utama Bendungan Kuningan. Sampai saat ini progres konstruksi sudah mencapai 100% dan progres tanah 98%. Sementara manfaat bagi masyarakat dengan hadirnya bendungan ini adalah mengairi areal persawahan seluas 2.000Ha daerah irigasi Jangkelok Kabupaten Brebes, 1.000Ha daerah irigasi Cileuweung Kabupaten Kuningan, mereduksi banjir, mensuplai air baku 300L/det, dan penyumbang tenaga listrik 0,5 MW.

Dengan terlaksananya Sidang Pleno diharapkan pengisian awal dan Penutupan Terowongan Pengelak (Plugging) Bendungan Kuningan dapat segera dilakukan dan dapat diresmikan pada 21 Juni 2021.(PPID-Cimancis)