Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Kompu-Cimancis

Mantapkan Perencanaan Pembangunan Drainase Bandara Kertajati, BBWS Cimanuk Cisanggarung Hadiri Diskusi Bersama Ahli SDA UGM Dan PT. BIJB

MAJALENGKA - Menindaklanjuti rapat koordinasi dengan Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Angkasa Pura, Bandar Udara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Jawa Barat pada 22 September 2021 lalu, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc beserta jajarannya yang didampingi oleh Ahli Sumber Daya Air Universitas Gadjah Mada Prof. Ir. Joko Sujono, M.Eng., Ph.D. kembali menghadiri rapat koordinasi perencanaan pembangunan drainase Bandara Kertajati dengan pihak BIJB di Bandara Internasional Kertajati pada Sabtu (16/10/2021).

Pandemi Covid-19 memberikan dampak signifikan kepada seluruh sektor di Indonesia, tak terkecuali Bandara Internasional Kertajati. Beberapa persoalan yang dihadapi oleh pengelola Bandara Internasional Kertajati adalah terhentinya penerbangan dan terdapat genangan di Bandara Kertajati.

Oleh sebab itu, perlu diadakannya diskusi untuk memfinalkan rencana pembangunan drainase di Bandara Kertajati guna meminimalisir banjir di daerah Bandara Internasional Kertajati terutama ketika musim penghujan. Pihak perencanaan pembangunan drainase PT. BIJB menyampaikan bahwa kelak jalur drainase ini akan dibuat menjadi dua jalur, yakni di sisi kanan dan sisi kiri. Untuk jalur drainase di sisi kanan akan mengarah ke Situ Cimaneuh dan Situ Jawura. Sementara untuk sisi kiri akan berakhir di Sungai Cipanas.

Dalam arahannya Kepala BBWS menyampaikan bahwa pembangunan drainase ini harus berjalan semaksimal mungkin agar bisa rampung sebelum musim penghujan sehingga dapat mereduksi banjir. Sementara itu ahli Sumber Daya Air menyatakan bahwa pembangunan saluran drainase ini merupakan salah satu pilihan yang yang relevan untuk memanage terjadinya banjir ataupun genangan air di Bandara Internasional Kertajati. (PPID - Cimancis)