Sidang Pleno I Wilayah Sungai Benanain

Timor Tengah Utara Kamis (19/09/2022). – Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Kewilayahan Bappelitbangda Provinsi NTT Dr. Alfonsus Theodorus ,ST.,MT membuka secara resmi Sidang I Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Benanain di Hotel Livero Kefamenanu.

Sidang Pleno I dengan tema “Pengelolaan Sistem Informasi Hidrologi, Hidrometeorologi, dan Hidrogeologi (PSIH3) Wilayah Sungai Benanain” ini dihadiri oleh; Kepala Balai Besar Wilayah Sungai NT II (diwakili); Kepala Dinas PUPR Prov. NTT (diwakili); Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. NTT; Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. NTT (diwakili); Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. TTU (diwakili); Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kab. Belu; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Malaka ; Direktur PDAM Belu; Direktur Yayasan Timor Membangun ; Ketua Yayasan Tani Mandiri ; Ketua Formapes Talau ;Ketua Petani Pemakai Air (P3A) Haekrit dan Haliwen Kab. Belu; Ketua adat Kab. Malaka, Persekutuan Masyarakat Adat dan Budaya Liurai Malaka Wehali Tafatik Bot Builaran;Ketua Pemakai Air (P3A) Haeklaran, Kab. Malaka; Sekertaris Yayasan Bina Swadaya serta; Para Pejabat Administrator, Perbendaharaan dan Konsultan Individu di Lingkungan BWS NT II;

Dalam sambutan Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Infrstruktur dan Kewilayahan Bappeda Provinsi NTT menyampaikan, pengelolaan SIH3 merupakan langkah lanjutan untuk membentuk 1 (satu) portal SIH3 tingkat wilayah sungai untuk menuju penyelenggaraan pengelolaan sumber daya air di Wilayah Sungai Benanain yang adil, merata, selaras, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan SIH3 yang terpadu akan berdampak pada pencapaian tujuan pengelolaan Sumber Daya Air karena ketersediaan data dan informasi SDA merupakan dasar dalam pengelolaan SDA.

“Isu Sumber Daya Air sampai saat ini banjir pada musim Hujan, Kekeringan pada musim kemarau,Pencemaran pada sumber-sumber air sehingga Melalui Pengelolaan SIH3 Wilayah Sungai Benanain agar pengelolaan data dan informasi H3 dapat Ditingkatkan keakuratan, kebenaran, dan ketepatan waktu penyampaian data dan informasi H3; Dijamin kompatibilitas perangkat pengolahan data dan informasi H3 yang ada diberbagai instansi pengelola; Dan dijamin kesinambungannya dalam pelayanan data dan informasi H3 antar lembaga pengelola,” ujar Kepala Bidang Perencanaan Infrstruktur dan Kewilayahan Bappelitbangda Provinsi NTT.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *