Senin, 06 Desember 2021

Rapat Pembahasan Progres Pemulihan dan Penertiban Aset Danau Tondano bersama Komisi Pemberantas Korupsi (KPK)

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Tondano, 14 Oktober 2021
Kepala BWS Sulawesi 1 Ir. I Komang Sudana, MT pada hari kamis tanggal 14 Oktober 2021 mengikuti Rapat Pembahasan Progres Pemulihan dan Penertiban Aset Danau Tondano bersama Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang bertempat di Restaurant Astomi Tondano.

Dalam Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Minahasa yaitu DR. Ir Royke Octavian Roring, MSi, Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si, dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bapak Wahyudi (Kepala Satgas Korsup Wilayah IV KPK) dan Bapak Andi Purwana (Divisi Fungsional Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK), dari Pemerintah Provinsi hadir Inspektur Inspektorat Provinsi Sulawesi Utara, Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minahasa Ir. Wenny Talumewo, Kepala Dinas PUPRD Kab Minahasa Teddy Lumintang, ST., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Minahasa Ir. Lendy Aruperes, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Minahasa Drs. Vicky Kaloh dan dari Kementerian Terkait yaitu Kementerian KLHK dalam hal ini BPDASHL Tondano, PT. PLN Wilayah Sulawesi Utara Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo), para Camat di sekitar Danau Tondano serta para stakeholder dari pemerintahan propinsi dan kabupaten yang terkait.

Dalam pembukaan sambutannya, Bupati Minahasa menyampaikan Danau Tondano perlu dilestarikan secara bersama-sama karena bagi masyarakat yang ada, Danau Tondano ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Minahasa. Pemerintah Kabupaten Minahasa berharap bahwa dengan adanya pendampingan dan arahan dari Pihak KPK maka aset danau ini akan terjaga dan menjadi lestari, sehingga apa yang diharapkan oleh seluruh masyarakat dan pemerintah Sulawesi Utara dapat terwujud.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Kepala BWS Sulawesi I, Bapak Ir. I Komang Sudana, MT, dalam paparannya Kepala Balai menyampaikan sekilas mengenai Kegiatan Kajian Sempadan Danau Tondano yang sedang dilaksanakan oleh BWS Sulawesi I. Disampaikan juga hasil kajian sempadan danau Tondano oleh konsultan akan dikaji lebih dalam oleh Tim Teknis yang akan terbentuk nantinya, dan hasil dari kajian tersebut selanjutnya akan diajukan ke Kementerian PUPR. Kajian karakteristik dan sosial budaya akan menjadi pertimbangan dalam penetapan sempadan danau ini.

Setelah Pemaparan tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi (tanya/jawab) oleh pihak Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) serta para peserta undangan yang ada. Dalam Rapat ini membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan batas air danau, sempadan danau, peraturan-peraturan yang terkait sempadan danau, status kepemilikan lahan dan lain sebagainya yang nantinya diharapkan melalui rapat Pemulihan dan Penertiban Aset Danau Tondano ini maka akan terdapat suatu pemahaman yang sama serta bermanfaat khususnya bagi masyarakat kabupaten Minahasa itu sendiri. Dalam Rapat ini di harapkan tindak lanjut terhadap permasalahan yang ada guna pemulihan dan penertiban aset Danau Tondano. Rapat kemudian ditutup oleh Bapak Bupati Kabupaten Minahasa.

Rapat berlangsung secara dinamis dan tetap kondusif serta mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.