Kamis, 29 September 2022

judulRapat Koordinasi bersama Dinas PU dan Tata Ruang Prov. Sulut, DLH Kab. Bolmong dan PT.KIMONG.

Manado, 2 Agustus 2022

Kepala BWS Sulawesi I, I Komang Sudana didampingi Kepala Seksi Pelaksanaan Allanos Kawengian, Kepala Seksi KPI SDA Silvana Pangow, PPK Perencanaan dan Program Rheky Lontoh, Serta Staf BWS Sulawesi I melaksanakan Rapat Koordinasi bersama Dinas PU dan Tata Ruang Prov. Sulut, DLH Kab. Bolmong dan PT.KIMONG.

Dalam Rapat Koordinasi ini membahas mengenai Kawasan Industri Mongondow yang telah mendapatkan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang untuk Kegiatan berusaha Nomor 13 Tahun 2022 tanggal 25 Maret 2022 yang diterbitkan oleh pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Berdasarkan persetujuan kegiatan pemanfaatan ruang ini luas Kawasan Industri Mongondow yang telah disetujui seluas 1780.28 Ha dan hasil overlay antara Daerah Irigasi Kewenangan Pusat dan Kewenangan Provinsi terhadap peta rencana KIMONG, terdapat sekitar 567.6 Ha Rencana Daerah Irigasi yang overlap dengan rencana pengembangan Kawasan Industri Mongondow (KIMONG).

Adapun Penyampaian dari PT.KIMONG bahwa kawasan industri ini ditujukan untuk memajukan wilayah sehingga air baku diambil sesuai dengan rencana tapi tidak menganggu kelangsungan kebutuhan yang ada. PT Kimong juga menyampaikan bahwa ada beberapa jalur yang harus disesuaikan baik yang sudah ada maupun yang direncanakan, tapi sebelum dilaksanakan beliau memohon Permohonan Rekomtek dari BWS Sulawesi I.

Kepala BWS Sulawesi I, I Komang Sudana memberi arahan terkait dengan pemanfaatan air di sungai lolak bahwa harus dikaji terlebih dahulu serta menghitung neraca air dan hilirnya. Beliau juga menyarankan bahwa saluran irigasi jangan diluruskan, diikuti saja alur yang ada dan ditata kembali, namun dapat juga diluruskan dengan dibuatnya data-data kajian lengkap dan tujuan pengalihannya untuk apa. Kepala BWS Sulawesi I I Komang Sudana juga menyampaikan bahwa ini merupakan kewenangan provinsi, maka dibicarakan lanjut dengan Kadis PUPR Prov dan dibuat laporan terkait perubahan-perubahannya.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini berjalan dengan Kondusif dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

#SigapMembangunNegeri
#Mengelolaairuntuknegeri