Rabu, 30 November 2022

Sosialisasi Tingkat Balai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI) T.A 2022

Manado, 30 Agustus 2022

Sosialisasi Tingkat Balai Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI) T.A 2022 dilaksanakan di Kantor BWS Sulawesi I dihadiri oleh Kepala BWS Sulawesi I I Komang Sudana, Kepala Satker O&P Iskandar Rahim, PPK O&P SDA III Frans Manampiring bersama Staf BWS Sulawesi I, Seluruh Lurah/Hukum Tua serta Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) dan Konsultan Manajemen Balai (KMB).

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan yang disampikan oleh PPK O&P SDA III, Sambutan dan Pembukaan Kegiatan oleh Kepala BWS Sulawesi I dan Sambutan dari Kepala Satker O&P.

Dalam sambutannya, Kepala BWS Sulawesi I memyampaikan program P3TGAI tahun 2022 sebanyak 128 sudah selesai dilaksansanakan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolsel, Boltim dan Bolmut. Hari ini akan dimulai Tahapan Persiapan dan Perencanaan pada 24 lokasi kegiatan di wilayah Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan dan Kota Tomohon. Selain itu, beliau mengingatkan bahwa Pekerjaan ini bukan merupakan perjanjian yang dikontrakan Pihak Ketiga melainkan secara real dilakukan oleh kelompok P3A yang sudah terpilih dibawah monitoring dan pengawasan Pemerintah setempat. Maka dari itu, BWS Sulawesi I tidak memungut biaya atau pungutan dalam bentuk apapun. Berkenan dengan hal tersebut, pada saat pekerjaan selesai, masyarakat petani harus mampu menjaga kelangsungan fungsi dari infrastruktur yang dibangun tersebut.

Beliau juga mengarahkan agar dalam pelaksanaan pekerjaan harus sesuai dengan perencanaan dan mekanisme pengelolaan Kegiatan P3 TGAI yang diamanatkan oleh Pendoman dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan.

 

Beliau mengarahkan agar semua stake holders pada kegiatan ini dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan kaidah dan petunjuk teknis sehingga pekerjaan dapat dipertanggung jawabkan baik dalam fisik pekerjaan, pengelolaan administrasi dan Dana serta mengharapkan Kegiatan P3 TGAI tidak hanya membangun irigasi saja tetapi dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat tani dalam hal perbaikan, rehabilitas dan peningkatan jaringan irigasi.

Kegiatan ini berlangsung secara kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

#SigapMembangunNegeri
#MengelolaAirUntukNegeri