Senin, 30 Januari 2023

Focus Group Discussion (FGD) Tahap III Penetapan Garis Sempadan Danau Tondano

Tondano, 2 Desember 2022

Focus Group Discussion (FGD) Tahap III Penetapan Garis Sempadan Danau Tondano dilaksanakan secara hybrid, luring dilaksanakan di Ballroom Yama Hotel Tondano Kabupaten Minahasa dan daring dilaksanakan via zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BWS Sulawesi I Komang Sudana, Jajaran Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Jajaran PPK serta Staf BWS Sulawesi I. Turut hadir Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Dinas PUPRD Provinsi Sulawesi Utara Alexander Wattimena, Bupati Minahasa ysng diwaikili Asisten II Pemkab Minahasa Wenny Talumewo, Direktur Bendungan dan Danau yang diwakili oleh Jafung Madya Adi Rusman, Kepala Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Danny Karouw, Camat, Hukum Tua, dan Lurah, Tim Teknis Provinsi Sulawesi Utara dan Tokoh Masyarakat.

 

Kegiatan ini diawali dengan Sambutan serta Laporan Kegiatan oleh Kepala BWS Sulawesi I selaku Ketua Tim Teknis Penetapan Sempadan Danau Tondano dilanjutkan dengan Sambutan dari Asisten II Pemkab Minahasa, Sambutan dari Direktur Bendungan dan Danau yang dalam FGD ini diwakili oleh Jafung Madya Adi Rusman serta Sambutan dan Pembukaan Kegiatan oleh Kepala Dinas PUPRD Provinsi Sulawesi Utara.

 

Selanjutnya, dilaksanakan pemaparan materi yang pertama perihal Sosialisasi Lanjutan Penetapan Sempadan Danau Prioritas di Indonesia oleh Jafung Teknik Pengairan Ahli Madya Direktorat Bendungan dan Danau Adi Rusman, materi kedua mengenai Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Pada Danau Tondano yang dibawakan oleh Asisten II Pemkab Minahasa dan materi terakhir perihal Penjelasan Umum Kegiatan Studi Sempadan Danau Tondano serta Pembahasan Risalah Kegiatan FGD II dan Tindak Lanjut oleh Vance Rumengan selaku Pihak Konsultan. Kegiatan diakhiri dengan Diskusi Kajian Sempadan Danau Tondano, Penyusunan Kesepakatan dan Penandatanganan Berita Acara oleh seluruh Tim Teknis yang hadir.

 

Dalam FGD Tahap III ini disimpulkan beberapa hal yaitu Tim Teknis Penetapan Sempadan Danau Tondano mendukung penuh kegiatan Penetapan Sempadan Danau Tondano dan MAT tertinggi Danau Tondano disepakati berada pada Elevasi +682 dan Sempadannya minimal 50 meter dari MAT tertinggi.

 

Kegiatan ini berlangsung secara kondusif dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

 

#SigapMembangunNegeri
#MengelolaAirUntukNegeri