Gerakan Indonesia Bersih 2018 Kota Medan

BALAI WILAYAH SUNGAI SUMATERA II

Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat, Berjiwa Seni

BWS Sumatera II

Gerakan Indonesia Bersih 2018 Kota Medan

BWS SUMATERA II РGerakan Indonesia Bersih dilaksanakan secara nasional di seluruh Kabupaten/Kota pada tanggal 28 September sampai dengan 3 Oktober 2018. Gerakan tersebut diikuti oleh Kementerian dan Lembaga, Organisasi non Pemerintah maupun kalangan masyarakat dan komunitas penggiat persampahan penggiat lingkungan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia pada waktu yang bersamaan, untuk dapat menciptakan Indonesia yang bersih dari sampah.  Lebih lanjut, dalam kegiatan bersih-bersih ini, di setiap ibukota provinsi akan dilakukan mapping persampahan menjadi 3 kategori, yaitu:

  1. Recyclable Waste. Hasil pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang akan dikumpulkandan diserahkan kepada pengepul/pelapak.
  2. Non-Recyclable Waste. Hasil pengumpulan sampah yang tidak dapat didaur ulang akandikumpulkan di TPS/TPA yang pengangkutannya difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Kota, dan Kabupaten.
  3. Sampah Plastik : Hasil pengumpulan sampah plastik akan dikumpulkan di TPS/TPA yangpengangkutannya difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Kota, dan Kabupaten Ketiga jenis kategori sampah tersebut, akan ditimbang setiap hari, sehingga dapat dijadikan database persampahan, selanjutnya menjadi bahan evaluasi dan dasar penentuan strategi pengelolaan persampahan yang berkelanjutan.

Bws Sumatera pada hal ini dalam rangka Pelaksanaan Gerakan Indonesia Bersih 2018 dan memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia 2018, ikut berpartisipasi dengan melaksanakan Kegiatan Bersih Sungai, Sosialisasi Penyadaran Publik dan Pembentukan Komunitas Peduli Sungai Sikambing .

Lokasi kegiatan yang dipilih adalah Sungai Sikambing dengan 4 Kelurahan yaitu : Kel. Sei Putih Barat, Kel. Sei Agul, Kel. Helvetia Timur , Kel. Dwikora , Kel Sei. Sikambing C II .

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat tetap peduli dengan keadaan sungai dan sekitarnya . kemudian agar kegiatan ini tidak hanya berhenti setelah penyelengaraan selesai namun harus rutin dan berkelanjutan oleh warga demi kebersihan sungai .

image_pdfimage_print

Comment here