Training of Trainer (TOT) Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Program Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) TA 2019

BALAI WILAYAH SUNGAI SUMATERA II

Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat, Berjiwa Seni

BWS Sumatera II

Training of Trainer (TOT) Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Program Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) TA 2019

BWS SUMATERA II – Dalam rangka mendukung program Ketahanan Pangan Nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani untuk perbaikan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air melaksanakan P3-TGAI.

Perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi. Proses Pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan, pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan.

Kegiatan ToT ini diisi dengan beberapa materi yang disajikan oleh dua orang narasumber dari Balai Wilayah Sungai Sumatera 2 sendiri  yakni, Bapak Herbet Sihite dan Bapak Junjungan Saragi dengan moderator oleh PPK OP2 Bapak Irdana Abadi Siregar dan PPK OP3 Bapak Mayjen .

Tujuan dari kegiatan Training of Trainer yang dilaksanakan di Parapat pada tanggal 18 – 21 Februari 2019 ini adalah:

  1. Terarahnya pelaksanaan kegiatan P3-TGAI di lingkup Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air Sumatera II;
  2. Terarahnya pelaksanaan pemberdayaan dan partisipasi masyrakat petani pemakai air (P3A/GP3A/IP3A) dalam kegiatan teknis perbaikan jaringan irigasi dalam pelaksanaan P3-TGAI; dan
  3. Terarahnya pelaksanaan perbaikan jaringan irigasi untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran dan/atau bangunan irigasi dalam pelaksanaan P3-TGAI

Pada Tahun Anggaran 2019, jumlah P3A/GP3A/IP3A penerima P3-TGAI pada Balai Wilayah Sungai Sumatera II adalah sejumlah 330 (tiga ratus tiga puluh) P3A/GP3A/IP3A dengan perincian antara lain :

  1. Deli Serdang sebanyak 4 Lokasi
  2. Serdang Bedagai sebanyak 4 Lokasi
  3. Simalungun sebanyak   93 Lokasi
  4. Batu Bara sebanyak 5 Lokasi
  5. Dairi sebanyak 34 Lokasi
  6. Pakpak Barat sebanyak 7 Lokasi
  7. Samosir sebanyak 25 Lokasi
  8. Humbang Hasundutan sebanyak 50 Lokasi
  9. Toba Samosir   sebanyak 50 Lokasi
  10. Tapanuli Utara sebanyak 8 Lokasi
  11. Tapanuli Tengah sebanyak 10 Lokasi
  12. Tapanuli Selatan sebanyak 6 Lokasi
  13. Mandailing Natal sebanyak 34 Lokasi

Dalam pelaksanaan P3-TGAI akan melibatkan berbagai institusi, sesuai dengan komponen kegiatan yang menjadi tugas pokok dan fungsi serta kompetensi dari berbagai institusi pemerintah baik di pusat maupun di daerah, dan konsultan/fasilitator yang akan memberikan bantuan teknis kepada masyarakat, pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

image_pdfimage_print

Comment here