BWS Sumatera IIKoordinasi Eksternal

Rapat Kerjasama Antar Stakeholder Untuk Penyediaan Air Baku di Pembangunan Bendungan Lausimeme

Rapat kerjasama antara stakeholder untuk penyediaan air baku di pembangunan Bendungan Lau Simeme

BWS SUMATERA II – Senin (17/11) Balai Wilayah Sungai Sumatera II menyelenggarakan rapat kerjasama antar stakeholder untuk penyediaan air baku dalam pembangunan Lau Simeme dimana salah satu manfaatnya adalah untuk penyediaan air baku kota Medan dan sekitarnya sebesar 3000 liter/detik. Stakeholder yang terlibat dalam kerjasama ini antara lain Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pengelola PDAM Tirtanadi, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Utara dan Balai Wilayah Sungai Sumatera II.

PPK Air Tanah dan Air Baku I Bapak Hastiono, S.T., M.M., menuturkan kesepakatan MOU ini untuk pembagian wilayah-wilayah kerja dan penerima manfaatnya seperti Deli Serdang mencakup 1900 liter/detik dan Kota Medan mencakup 1100 liter/detik. Tetapi untuk pembagian tugasnya akan ada kesepakatan bersama yang akan dibentuk lagi setelah melakukan tinjauan ke lokasi untuk menentukan dimana titik air bakunya sampai dari intake ke reservoar.
Dirut PDAM Tirtanadi Bapak Kabir Debi menyampaikan terima kasih karena telah mendapatkan dukungan dari pelaksana Bendungan Lau Simeme. Dengan adanya Bendungan Lau Simeme nantinya akan menambah tambahan kapasitas produksi baru sekitar 3000 liter/detik karena saat ini PDAM Tirtanadi memiliki produksi yang terbatas sementara memiliki kebutuhan yang sangat tinggi.
Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Bapak Syafriel Tansier, S.T., M.T., berharap Balai dan Pemerintah Kota beserta Provinsi bisa untuk bersama-sama menyelesaikan tugas masing-masing, kita berharap apa yang sudah dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat dan tidak terbengkalai. Kedepannya menyepakati bagi tugas dan kemudian penyesuaian porsi dari masing-masing baik itu pemanfaat juga pelaksana nantinya agar jelas dapat dilaksanakan atau tidak. Jangan nanti ada yang sudah menyiapkan tapi ada yang tidak bisa melaksanakan ini akan berdampak tidak baik buat yang sudah mengerjakan.
Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas SDA, CK dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara, Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, Kepala Kantor Wilayah BPN/ATR Kabupaten Deli Serdang, Kepala Kantor Wilayah BPN/ATR Kota Medan, Kepala Bappeda Kabupaten Deli Serdang, Kepala PUPR Kabupaten Deli Serdang, Kepala Bappeda Kota Medan, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Direktur PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, Direktur PDAM Tirta Deli Kabupaten Deli Serdang, Kepala Seksi Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur SDA BWS Sumatera II, Kepala Seksi Pelaksanaan BWS Sumatera II, Kepala SNVT PJPA BWS Sumatera II, Kepala SNVT Pembangunan Bendungan BWS Sumatera II, PPK Air Tanah dan Air Baku I BWS Sumatera II, PPK Air Tanah dan Air Baku II BWS Sumatera II, PPK Pembangunan Bendungan BWS Sumatera II.
image_pdfimage_print

Comment here