/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Kementerian PUPR bersama DWP Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pokja Revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) mempelopori acara menanam pohon yang dilaksanakan secara serentak di Seluruh Wilayah Indonesia (34 Provinsi) dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia, Hari Bhakti PUPR Ke-73, dan HUT Dharma Wanita Persatuan Ke-19 Tahun 2018 dengan tema “Menanam Pohon bagi Penyelamatan Lahan dan Air”, Senin (17/12/18).

Kegiatan Menanam Pohon yang dilaksanakan di Greenbelt Waduk Cengklik Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini merupakan sinergi antara Kementerian Keuangan melalui KPPN Surakarta yang memiliki Program Go Green dan Kementerian PUPR melalui BBWS Bengawan Solo serta Kementrian Kehutaanan melalui BPDASHL Solo yang memiliki Program Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA).

“Kementerian Keuangan memiliki Program Go Green yang dimulai dari penghematan ATK, kertas, listrik (dan) sebagai upaya menyelamatkan lingkungan salah satunya adalah dengan menanam pohon. Bahwa satu orang berkewajiban menanam 25 pohon seumur hidupnya sebab menanam pohon dapat bermanfaat bagi generasi selanjutnya” Pesan Sugiarso selaku Kepala KPPN Surakarta.

Dalam kegiatan Menanam ini Menteri PUPR yang diwakili oleh Ir Dodi Krispratmadi, M.Env. E selaku Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR menyampaikan sambutan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bahwa Gerakan ini merupakan salah satu aksi konkrit untuk memulihkan kondisi daerah aliran sungai, sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk lebih aktif menanam pohon, dan merawatnya. Penanaman pohon akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan kita yang lebih berkualitas, meningkatkan infrastruktur hijau kita, bukan sekedar sebagai objek fisik, melainkan juga menjadi tempat wisata dan pengembangan sosial-ekonomi masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Jenis tanaman yang ditanam dalam Kegiatan Menanam Pohon ini adalah Multi Purpose Tree Species yang terdiri dari Pohon Mangga (Mangifera Indica), Kelengkeng (Dimocarpus Longan) dan Rambutan (Nephelium lappaceum L.) sejumlah 1.500 bibit pohon, turut hadir dalam acara ini Karyawan Karyawati BBWS Bengawan Solo, DWP BBWS Bengawan Solo. Muspida Kabupaten Boyolali, Bank Mandiri Selaku perwakilan BUMN, TNI, Polri, para Civitas Akademika yang ada di Solo Raya serta masyarakat sekitar .

Semoga upaya ini memberikan manfaat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mari kita wariskan mata air untuk generasi mendatang. Salam hijau negerik(BBWSBS/sita).