/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo yang disambut oleh Pelaksana Harian Kepala BBWS Bengawan Solo Ir. Isgiyanto, MT, Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Program Dwi Agus Kuncoro ST, MT, MM, Kepala Bagian Tata Usaha Bambang, SE, ST serta Pejabat Eselon BBws Bengawan Solo di Ruang Sidang Bengawan Solo, Selasa (26/11/2019).

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Lamongan ini dimaksudkan untuk melakukan konsultasi dan koordinasi terkait pemanfaatan air bengawan solo untuk pertanian serta terkait normalisasi sungai dan rawa untuk menanggulangi banjir di Kabupaten lamongan.

Pelaksana Harian Kepala BBWS Bengawan Solo Ir. Isgiyanto, MT menjelaskan bahwa BBWS Bengawan Solo sudah mempunyai skema pekerjaan untuk Kabupaten Lamongan terkait potensi untuk irigasi dan rawa, sedangkan terkait normalisasi sungai kami punya pekerjaan peningkatan kapasitas floodway 600 meterkubik/detik serta ada rencana pembangunan Bendung Karangnongko untuk mengatur debit air sehingga nantinya diharapkan dapat menanggulangi banjir didaerah hilir.

“Terkait fungsi Bendungan Gondang Lamongan adalah untuk pengairan, jika masyarakat ingin memanfaatkan untuk kegiatan selain pengairan misalkan untuk perikanan maupun wisata harus ada izinnya, sehingga dari perizinan itu akan kita atur mana yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan,”Sambungnya.

Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Program Dwi Agus Kuncoro ST, MT, MM menjelaskan terkait alokasi air dari pintu Babat Barrage peraturannya sudah ada, sehingga petugas harus mematuhi SOP yang ada, menurut kami solusinya menampung air hujan dengan membuat Penampung Air Hujan (PAH) dan nantinya di Bidang PJPA akan ada program Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH).

“Sementara PAH ini belum sampai Kabupaten Lamongan baru bergerak di kabupaten Madiun, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Magetan, Kabupaten Klaten, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Boyolali,” Imbuhnya (BBWSBS/charis).