/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Ir. Charisal A. Manu, M,Si didampingi oleh Kepala Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Bengawan Solo Surendro Andi Wibowo, ST, MPSDA dan PPK O&P SDA II Santosa, S.ST, MT meninjau lokasi tanggul jebol yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Klaten, Kamis (10/01/2020).

Kabalai sempat meninjau dua lokasi tanggul yang sudah dilakukan penanganan darurat di Sungai Gamping Desa Karangasem dan Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten dengan rincian tanggul Sungai Desa Karangasem sepanjang 20 meter dengan lebar 3 meter dan ketinggian 4 meter dan Desa Burikan sepanjang 10 meter, tinggi 3 meter, dan lebar 3 meter.

Tanggul yang jebol disebabkan banyaknya lubang sarang tikus, kondisi tersebut menyebabkan tanggul menjadi rapuh sehingga tidak mampu menahan peningkatan debit air sungai saat terjadi hujan lebat.

Monitoring dan evalusai tanggul secara rutin dan berkala mutlak dilakukan. Kerjasama dari masyarakat terutama dalam perawatan tanggul sangat diperlukan untuk mendukung keberadaan tanggul yang selalu optimal(BBWSBS/Charis).