/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Badan Penerbitan dan Publikasi Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Laboraturium Bengkel Kerja Hidrolika dan Lingkungan Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Bedah Buku Online Reformasi Pengelolaan Sumber Daya Air yang ditulis oleh Dr.Ing Ir. Agus Maryono, Rabu (13/05/2020).

“Buku Reformasi Pengelolaan Sumber Daya Air adalah sebuah literasi informasi bagi masyarakat Indonesia dalam menghadapi bencana yang terus menerus terjadi seperti kekeringan, longsor , erosi, banjir dan lain-lain oleh karena itu sebagai manusia yang masih hidup di era sekarang harus mempunyai paradigma yang baru dalam menyelesaikan permasalahan sumber daya air” pesan Dr.Ing Ir Agus Maryono dalam paparannya.

Mengulas tentang pengelolaan sumber daya air dari dulu sampai hari ini, Buku Reformasi Pengelolaan Sumber Daya Air mengungkapkan tentang paradigma water culture, mata rantai kerusakan lingkungan, peraturan perundang-undangan tentang sumber daya air, konsep pengelolaan daerah aliran sungai, restorasi sungai, konsep drainase, pengelolaan daerah pantai dan estuary, perubahan iklim dan masih banyak lagi.

Turut hadir dalam Bedah Buku Online Ir. Charisal A Manu, M.Si selaku Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dan M. Sulaiman ST, MT. D.Eng selaku Kepala Bengkel Kerja Hidrolika dan Lingkungan Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada sebagai Pembedah Buku dan para hadirin yang menyimak dengan virtual.

“Dalam melakukan pengelolaan sumber daya air harus memperhatikan aspek konservasi, pendayagunaan dan pengendalian daya kerusakan, namun tetap diperlukan reformasi untuk terus memperbarui ilmu sumber daya air” kata Ir. Charisal dalam tanggapannya.

Pengelolaan sumber daya air perlu memperhatikan banyak aspek yang saling besinergi. Bedah Buku ini menjadi momentum untuk saling bertukar informasi terkait pengelolaan sumber daya air dari banyak sisi seperti dari akademisi, peneliti, praktisi, mahasiswa dan lain-lain (bbwsbs/sita).